Wahyuni, Sri (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE THE LEARNING CELL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP CINDE SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SRI WAHYUNI 19110191.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Sri Wahyuni. NPM. 19110191. “Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal
dengan Metode The Learning Cell terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII
SMP Cinde Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr.
Heri Saptadi Ismanto, S.Pd., M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing II Desi Maulia,
S.Psi., M.Psi., Psi. 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan
kurangnya minat belajar siswa kelas VII SMP Cinde Semarang. Tujuan dari
penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal dengan
metode the learning cell memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa. Jenis
penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan design true-experimental design.
Populasi penelitian ini berjumlah 38 siswa. Sample yang digunakan dari populasi
yaitu sebanyak 20 siswa yang dipilih secara acak menggunakan Cluster Random
Sampling.
Hasil dalam penelitian ini diuji melalui uji t atau t-test dengan bantuan
SPSS 26 diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,017. Hal ini
menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Sehingga Ha diterima dan
Ho ditolak. Jadi, ada pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa
setelah diberikan tindakan layanan Bimbingan Klasikal metode The Learning
Cell. Saran dari penelitian ini ialah layanan bimbingan klasikal metode the
learning cell dapat menjadi alternatif guru BK dalam mengatasi permasalahan
seputar minat belajar siswa.
Kata kunci : Minat Belajar, Layanan Bimbingan Klasikal, The Learning Cell
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:55 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2329 |