Amalia, Kiki Anisa (2023) POLA INTERAKSI ANTARA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK KELAS VIII-A DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI SMP NEGERI 1 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
KIKI ANISA AMALIA 18410022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kiki Anisa Amalia. 18410022. Pola Interaksi Antara Pendidik dan Peserta Didik Kelas
VIII-A Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Di SMP Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran
2022/2023. Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Ngatmini, M.Pd. Dan Pembimbing II Dra. H. R. Utami, M.Hum. Maret
2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya interaksi yang dibangun antara pendidik dan
peserta didik kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Kendal, khususnya dalam pembelajaran menulis
puisi. Dengan kondisi tersebut maka diperlukan upaya untuk mengetahui pola interaksi yang
digunakan oleh pendidik dan peserta didik dengan tujuan untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pola interaksi antara
pendidik dan peserta didik kelas VIII-A dalam pembelajaran menulis puisi di SMP Negeri 1
Kendal tahun pelajaran 2022/2023? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola
interaksi antara pendidik dan peserta didik kelas VIII-A dalam pembelajaran menulis puisi di
SMP Negeri 1 Kendal tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
rekam, simak dan catat digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
yang dapat digunakan untuk memperoleh hasil pola interaksi yang terjadi sekaligus untuk
mengklasifikasikan dan mengelompokkan pola interaksi antara pendidik dan peserta didik
kelas VIII-A dalam pembelajaran menulis puisi.
Hasil dari penelitian ini terdapat tiga pola interaksi dengan 10 data pola interaksi satu
arah, 75 data pola interaksi dua arah, dan 1 data pola interaksi multi arah. Pola interaksi yang
paling banyak ditemukan dalam pembelajaran menulis puisi di kelas VIII-A SMP Negeri 1
Kendal yaitu pola interaksi satu arah dan pola interaksi dua arah. Berdasarkan hasil penelitian
yang dilakukan, pada pembelajaran menulis puisi kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Kendal
belum berjalan secara optimal karena kurangnya interaksi yang dibangun antara pendidik dan
peserta didik. Pola interaksi satu arah masih sering digunakan oleh pendidik sebagai pemberi
pesan kepada peserta didik tanpa adanya respon yang aktif dari peserta didik. Peserta didik
cenderung hanya diam ketika diajak berinteraksi dengan pendidik dan kurang
memperhatikan. Pola interaksi dua arah yang terjadi juga masih kurang maksimal
dikarenakan respon peserta didik yang kurang mengembangkan pemikirannya dalam kegiatan
belajar-mengajar bersama di dalam kelas, sedangkan pola interaksi multi arah jarang terjadi
di dalam pembelajaran menulis puisi di kelas VIII-A ini karena banyaknya respon peserta
didik yang hanya diberikan kepada pendidik saja dan tidak adanya respon atau tanggapan
antar peserta didik lain
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat penulis sampaikan
kepada pendidik adalah bahwa pendidik dapat memilih atau menggunakan pola interaksi
yang bervariasi dan lebih tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Selain itu, saran
untuk peserta didik adalah agar dapat lebih mampu memfokuskan pikirannya kepada materi
yang diajarkan, serta tidak takut dan malu untuk mengungkapkan pikirannya.
Kata kunci: pola, interaksi belajar mengajar, puisi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:34 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2314 |