Maula, Ismatul (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTON PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ismatul Maula 19210041.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Ismatul Maula 19210041“Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis
Powtoon Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan
Kewarganegaraan Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas
Negeri 3 Pemalang”,Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023”
Latar belakang penelitian ini adalah adanya hasil belajar siswa
mata pelajaran PPKn kelas XI MIPA di SMA N 3 Pemalang masih
dikategorikan rendah, karna hasil belajar siswanya rata- rata masih
dibawah KKM, yaitu 66,76 lebih kecil dari KKM 71 dilihat dari nilai
ulangan siswa. Salah satu yang di perkirakan menjadi penyebab kondisi
tersebut adalah penggunaan media pembelajaran yang konvensional
seperti papan tulis, buku, metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh media pembelajaran
berbasis powtoon pada mata pelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa
SMA N 3 Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif, dengan metode
quasi exsperimental. Populasi penelitian berjumlah 144 siswa kelas XI
MIPA sempel sejumlah 72 siswa. Variabel bebas (X) berupa penggunaan
media pembelajaran berbasis powtoon dan variabel terikat (Y) hasil belajar
siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket
,tes, dokumentasi. Uji instrumen berupa uji validitas dan uji
reabilitas.Teknik analisis data menggnakan uji normalitas, uji
homogenitas, uji t-tes.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa hasil respon siswa terhadap
media pembelajaran konvensional diperoleh rata- rata 87,6 dengan
kategori tertarik. Pada kelas eksperimen respon siswa dengan
menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon diperoleh rata – rata
99,8 dengan kategori sangat tertarik. Sedangkan hasil belajar ranah
kognitif kelas eksperimen diperoleh rata -rata nilai posttest sebesar 78,30
dengan peningkatan rata -rata 12,85. Namun dari 36 siswa masih ada 1
siswa yang nilainya masih di bawah KKM. Rata- rata postes kelas kontrol
sebesar 75.00 terdapat peningkatan sebesar 5,57. Namun terdapat 13 siswa
yang dibawah KKM.
Kesimpulan penelitian ini media pembelajaran berbasis powtoon dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, ada beberapa aspek yang
kurang terpenuhi seperti aspek pendekatan saintific masih kurang adanya
interaksi antara guru dan peserta didik. Respon siswa terhadap media
pembelajaran powtoon memperoleh kategori sangat tertarik dengan rata�rata sebesar 99,8. Pada hasil belajar sudah adanya peningkatan sebesar
12,85. Saran yang dapat di sampaikan untuk guru PPKn untuk dapat
menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon sebagai salah satu
alternativ media dalam pembelajaran agar dapat menigkatkan hasil belajar
siswa khususnya mata pelajaran PPKn.
Kata kunci: Pembelajaran, Media Powtoon, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:08 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2288 |