IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BELA NEGARA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBAKROMO PATI

Maharani, Intan Novi (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BELA NEGARA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBAKROMO PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Intan Novi Maharani 18210012.pdf] Text
Intan Novi Maharani 18210012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi berjudul Implementasi Pendidikan Bela Negara Sebagai Upaya
Peningkatan Sikap Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Tambakromo Pati. Latar belakang penelitian ini untuk menumbuhkan rasa disiplin
dalam diri dapat dilakukan dengan banyak cara, namun untuk menanamkan disiplin
dan semangat bela negara untuk generasi penerus bangsa harus dipupuk di bangku
sekolah sejak dini. Hasil observasi yang menunjukkan masih adanya bullying
verbal menyebabkan timbulkan pelanggaran ketertiban di sekolah. Penelitian ini
bertujuan mendiskripsikan implementasi pendidikan bela negara sebagai upaya
peningkatan sikap disiplin peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Tambakromo Pati.
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek
penelitian adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Fokus penelitian meliputi
implementasi pendidikan bela negara di SMP N 2 Tambakromo, pendidikan bela
nnegara sebagai upaya peningkatan sikap disiplin peserta didik, kendala yang
dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan bela negara dan solusi yang dilakukan
sekolah dalam mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan bela negara sebagai
upaya peningkatan sikap disiplin peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis
model Miles dan Huberman.
Penelitian ini menghasilkan temuan implementasi pendidikan bela negara di
SMP Negeri 2 Tambakromo Pati direalisasikan melalui pendidikan
kewarganegaraan (PPKn), pendidikan agama dan budi pekerti, penyelenggaraan
ibadah di sekolah, upacara bendera dan ekstrakurikuler pramuka sebagi kegiatan
yang sarat bermuatan pembentukan karakter seperti disiplin melalui kegiatan
pembiasaan. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bela negara dalam upaya
peningkatan sikap disiplin siswa adalah siswa masih ada yang tidak taat terhadap
penerapan tata tertib dan mengikuti kegiatan pembiasaan secara sadar diri atau
masih menganggap enteng pembiasaan. Solusinya, perlu dukungan penuh dari
semua komponen baik sekolah, keluarga, teman dan lingkungan dalam mengontrol
perilaku dan sikap peserta didik.
Simpulan: pendidikan bela negara dapat peningkatan sikap disiplin peserta
didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambakromo diwujudkan dengan
pembiasaan-pembiasaan yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Saran: hasil
penelitian ini diharapkan memberikan manfaat kepada semua elemen sebagai acuan
dalam menerapkan karakter disiplin pada peserta didik, bagi sekolah hendaknya
meningkatkan kerjasama dengan orang tua peserta disik dalam hal pendidikan bela
negara.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan bela negara, sikap disiplin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:10
Last Modified: 31 Jan 2024 08:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item
View Item