HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 1 KARANGAWEN

QOMARUDDIN, MUHAMMAD (2023) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 1 KARANGAWEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Muhammad Qomaruddin 19110136.pdf] Text
Muhammad Qomaruddin 19110136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masih ditemukan rendahnya motivasi belajar siswa adalah dasar dalam
penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara interaksi
sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 1
Karangawen.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan
jenis penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 326.
Sampel penelitian ini mengambil 20% dari populasi sehingga sampel yang
digunakan sebanyak 64 orang siswa yang ditentukan dengan teknik cluster
random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial
teman sebaya dengan motivasi belajar.
Berdasarkan uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai r hitung
sebesar 0,624, sedangkan r tabel untuk jumlah sampel 64 adalah 0,254. Oleh
karena itu nilai r hitung ˃ r tabel atau 0,624 ˃ 0,254 maka dapat disimpulkan
bahwa ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan
motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 1 Karangawen.
Hubungan tersebut menunjukan hubungan yang positif, karena nilai r
hitung yang didapat bernilai positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti
bahwa jika interaksi sosial teman sebaya siswa tinggi maka motivasi sosial siswa
tinggi dan sebaliknya jika interaksi sosial teman sebaya rendah maka motivasi
belajar siswa juga rendah.
Kata kunci : Interaksi Sosial Teman Sebaya, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:57
Last Modified: 31 Jan 2024 07:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item
View Item