Laila, Heni Nur (2023) PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SINOPSIS TEKS CERITA BIMA BUNGKUS PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022-2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HENI NUR LAILA 18430006.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Heni Nur Laila. “Penggunaan Media Instagram Komik dalam
Pembelajaran Menulis Sinopsis Teks cerita Bima Bungkus pada Siswa Kelas X di
SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2022-2023”. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Nuning Zaidah,
S.Pd., M.A. Pembimbing II Dr. Sunarya, M.Hum. 2022.
Kata Kunci: Instagram Komik, sinopsis, Bima Bungkus
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci penggunaan
media Instagram Komik dalam pembelajaran menulis sinopsis teks cerita Bima
Bungkus pada siswa kelas X di SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2022-
2023. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca siswa serta kurang
ketertarikan siswa terhadap cerita wayang. Selain itu penggunaan media yang
kurang menarik akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sehingga
diperlukan media yang memadahi dan dapat menarik minat belajar siswa dalam
proses pemahaman cerita wayang Bima Bungkus. Dengan demikian, rumusan
masalah yang diperoleh adalah bagaimana penggunaan media Instagram Komik
dalam pembelajaran menulis sinopsis teks cerita Bima Bungkus pada siswa kelas
X.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, dengan jenis
penelitian one shot case study. Data yang diperoleh akan digunakan untuk
mengetahui pengaruh perlakuan terhadap kondisi yang dikendalikan. Adapun
pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari
penelitian ini berupa hasil tes, angket dan wawancara.
Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut:
Dari hasil nilai rata-rata aspek keterampilan dengan menggunakan media
Instagram Komik, didapat nilai rata-rata aspek keterampilan sebesar 89.58. Dari
perolehan nilai rata-rata tersebut, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata aspek
keterampilan dengan menggunakan media Instagram Komik lebih tinggi dari nilai
KKM yang ditentukan. Dengan demikian, penggunaan media Instagram Komik
dalam pembelajaran menulis sinopsis teks cerita Bima Bungkus pada siswa kelas
X dapat memberikan pengaruh terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran yang
ditentukan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 06:43 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 06:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2247 |