PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 PATI

Zulaikah, Fitri (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FITRI ZULAIKAH 18110078.pdf] Text
FITRI ZULAIKAH 18110078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

FITRI ZULAIKAH. NPM 18110078. “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Resiliensi Akademik Siswa Kelas
XI MIPA SMA Negeri 3 Pati”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
perbedaan resiliensi akademik siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Pati antara
sebelum dan sesudah diterapkan layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik
Role Playing. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA yang mana sebanyak
72 siswa sebagai responden Try Out dan 10 siswa sebagai sampel yang akan
diteliti. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket skala
Resiliensi Akademik. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif
Eksperimen dengan jenis One Group Pre-Test-Post-Test Design yang mana
sampelnya akan diambil melalui teknik Cluster Random Sampling. Hasil
menunjukan nilai rata Pre-Test sebesar 79,2 dalam kategori rendah dengan jumlah
10 % siswa dalam kategori sangat rendah dan 90% siswa dalam kategori rendah.
Sedangkan setelah diberikan treatment, hasil menunjukkan rata-rata hasil Post�Test sebesar 114,9 yang masuk dalam kategori tinggi yang memiliki memiliki
selisih 35,7 dengan 60% siswa dalam kategori sangat tinggi dan 40% siswa dalam
kategori tinggi.Hasil Uji Paired Sample Corelations menunjukan bahwa nilai
signifikansi sebesar 0.000, di mana nilai sig > dari 0.00, hal ini berarti antara Pre�Test dan Post-Test memiliki hubungan atau ada hubungan yang siginifikan. Hasil
uji t berupa Paired Sample Test menunjukan bahwa nilai signifikaansi sebesar
0.000, berarti < 0.05, maka Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa terdapat pengaruh resiliensi akademik siswa dengan
menggunakan treatment atau layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role
Playing.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Resiliensi Akademik, Role Playing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:23
Last Modified: 29 Jan 2024 06:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2224

Actions (login required)

View Item
View Item