PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PAWARTA SISWA KELAS X.4 SMAN 1 KEDUNGWUNI

Putri, Fiky Syahrozad Fitriani (2023) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PAWARTA SISWA KELAS X.4 SMAN 1 KEDUNGWUNI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FIKY SYAHROZAD FITRIANI PUTRI 18430024.pdf] Text
FIKY SYAHROZAD FITRIANI PUTRI 18430024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fiky Syahrozad Fitriani Putri, “Penerapan Metode Brainstorming dalam
Pembelajaran Menulis Pawarta Siswa Kelas X.4 SMAN 1 Kedungwuni”. Skripsi
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Alfiah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Bambang Sulanjari, S.S., M.A. 2022.
Kata Kunci: metode Brainstorming, pembelajaran menulis, teks pawarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode
Brainstorming dalam pembelajaran menulis teks pawarta siswa kelas X.4 SMAN
1 Kedungwuni. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre�eksperimental design berupa one-shot case study dengan hanya melibatkan satu
kelompok sebagai sampel tanpa adanya kelompok kontrol. Teknik pengambilan
data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa hasil tes uji
kompetensi aspek pengetahuan yang meliputi pengertian pawarta, unsur-unsur
pawarta, bagian-bagian pawarta serta unsur-unsur pawarta. Dan hasil tes uji
kompetensi aspek keterampilan yang meliputi Kesesuaian unsur 5W+1H,
kesesuaian struktur pawarta, penggunaan bahasa serta pemilihan diksi. Sementara
itu teknik non tes didapatkan dari hasil angket serta dokumentasi penelitian.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik
analisis statistik deskfriptif.
Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) pada uji kompetensi aspek
pengetahuan diperoleh presentase sebesar 92% atau sejumlah 32 siswa
mendapatkan nilai tuntas di atas KKM yang ditentukan yaitu 74, dan hanya
terdapat 3 siswa yang masih belum mencapai KKM. Dari perolehan tersebut
diperoleh nilai rata-rata akhir sebesar 89 pada aspek pengetahuan. 2) pada uji
komoetensi aspek keterampilan diperoleh presentase sebesar 89% atau 31 siswa
yang nilainya telah melampaui KKM dan masih tedapat 11% atau 4 siswa yang
nilainya masih belum mencapai KKM. Dari perolehan tersebut diperoleh nilai
rata-rata akhir sebesar 79 pada aspek keterampilan. Berdasarkan analisis data yang
diperoleh. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks pawarta
dengan metode Brainstorming dapat memberikan pengaruh terhadap tercapainya
tujuan pembelajaran menulis teks pawarta siswa kelas X.4 SMAN 1 kedungwuni.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:38
Last Modified: 29 Jan 2024 04:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item
View Item