Rahmawati, Fiky Septia (2023) PENGARUH KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN CTL TERHADAP ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS V SDN SRIOMBO LASEM REMBANG SEMESTER GENAP 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Fiky Septia Rahmawati 17120017.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
FIKY SEPTIA RAHMAWATI. NPM 17120017. “Pengaruh Komunikasi Pada
Pembelajaran CTL Terhadap Aspek Kognitif Siswa Kelas V SDN Sriombo Lasem
Rembang Semester Genap 2021/2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Bapak Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. dan Dosen
Pembimbing II Bapak Sukamto, S.Pd., M.Pd.. April. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
komunikasi dan keaktifan siswa pada saat kegiatan pembelajaran. Hal tersebut
disebabkan oleh kurangnya model pembelajaran yang digunakan untuk
mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah siswa dapat mencapai
ketuntasan belajar minimum 75 dengan pembelajaran CTL? 2) Berapakah besar
pengaruh komunikasi pada pembelajaran CTL terhadap aspek kognitif siswa kelas
V SDN Sriombo Lasem Rembang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitan
ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Pada Pembelajaran CTL
Terhadap Aspek Kognitif Siswa Kelas V SDN Sriombo Lasem Rembang Semester
Genap 2021/2022 yang dilihat pada hasil belajar dan komunikasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre�Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Sriombo Lasem Rembang semester
genap 2021/2022. Sampel yang akan diambil adalah 15 siswa kelas V dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui tes dan observasi. Hasil data yang diperoleh dari sampel akan diolah dengan
bantuan menggunakan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian yang diperoleh dari sampel menunjukan bahwa nilai
korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,869. Dari output tersebut diperoleh koefisien
determinansi (RSquare) sebesar 0,755, yang mana mengandung pengertian bahwa
pengaruh komunikasi (variabel X) terhadap hasil kognitif siswa (variabel Y) adalah
sebesar 75,5%. Jadi dapat terwajab sudah pertanyaan rumusan masalah dinomor 2
yaitu adanya pengaruh komunikasi pada pembelajaran CTL terhadap aspek kognitif
siswa sebesar 75,5%. Sedangkan hasil data analisis output SPSS didapatkan nilai
signifikansi sebesar 0,246 > 0,05, maka bisa disimpulkan bahwa H0 diterima yang
berarti nilai rataan sampel sama dengan rataan asumsi populasi sebesar 75 yang
berarti tidak tuntas.
Jadi kesimpulan dari penelitian yang peneliti peroleh adalah adanya
pengaruh yang sangat signifikan pada komunikasi pada pembelajaran CTL terdapat
aspek kognitif siswa kelas V SDN Sriombo Lasem Rembang Semester Genap
2021/2022. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa dari data yang diperoleh
adalah siswa kelas V SDN Sriombo tidak tuntas walaupun adanya pengaruh
komunikasi yang sangat signifikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 04:35 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 04:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2208 |