PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BAGI TEMA 1 SUBTEMA 3 SISWA KELAS III SDN CANDIGARON 01 KABUPATEN SEMARANG

Sabila, Fika Ayuni (2022) PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BAGI TEMA 1 SUBTEMA 3 SISWA KELAS III SDN CANDIGARON 01 KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FIKA AYUNI SABILA 18120290.pdf] Text
FIKA AYUNI SABILA 18120290.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

FIKA AYUNI SABILA. NPM 18120290. “Pengembangan Media Cerita
Bergambar Bagi Tema 1 Subtema 3 Kelas III SDN Candigaron 01 Kabupaten
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya media
pembelajaran yang digunakan oleh guru, pembelajaran yang dilaksanakan oleh
guru masih konvensional dengan hal ini maka diperlukan adanya media
pembelajaran. Keterlibatan penggunaan media dalam proses pembelajaran
merupakan upaya untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi
peserta didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses
penggunaan media cerita bergambar dan kelayakan media cerita bergambar dalam
pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses penggunaan media cerita bergambar dan kelayakan media
cerita bergambar dalam pembelajaran pada tema 1 subtema 3 kelas III SDN
Candigaron 01 Kabupaten Semarang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian pengembangan atau R&D (Research
and Development) dengan menggunakan model yaitu ADDIE, model ini
merupakan singkatan dari (Analysis, Desaign, Development or Production,
Implementation or Delivery and Evaluation). Subjek dalam penelitian dan
pengembangan media Cerita Bergambar yaitu peserta didik Kelas III Sekolah
Dasar. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, angket dan
dokumentasi.
Hasil perhitungan dari validasi terhadap ahli media dan materi yaitu rata�rata validasi media diperoleh kevalidan sebesar 98,33% dan rata-rata validasi ahli
materi sebesar 96,66% yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Didapatkan
hasil persentase tanggapan dari guru sebesar 90% dan persentase tanggapan siswa
sebesar 90,66% dapat dinyatakan bahwa media dinyatakan diterima dan dapat
dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kesimpulan berdasarkan presentase perolehan hasil uji validasi dan uji
lapangan bahwa pengembangan produk Cerita Bergambar yang dapat digunakan
sebagai media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik dengan saran adalah
guru dapat menggunakan media Cerita Bergambar pada tema 1 subtema 3
Pertumbuhan Hewan kelas III sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:26
Last Modified: 29 Jan 2024 04:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item
View Item