HARTOPO, TRI SUSILO (2023) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU SRAGI PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TRI SUSILO HARTOPO 17110129.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya tingkat
interaksi sosial siswa yang berdampak pada kurangnya rasa kepercayaan diri
siswa. Hal tersebut berdampak buruk bagi nilai pelajaran disekolah menurun,
terhambatnya perkembangan pribadi siswa, kecerdasan, selain itu juga berdampak
pada hubungan sosial terutama dengan pergaulan di lingkungan sekolahnya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara
interaksi sosial dengan keoercayaan diri siswa kelas VII MTs Ma’arif NUSragi?.
Tujuan dari penelitian ini yang ingin dicapai peneliti yaitu untuk mengetahui
hubungan antara interaksi terhadap kepercayaan diri pada siswa kelas VII MTs
NU Ma’ari Sragi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Sragi. Dari
populasi yang ada, diambil sampel penelitian dengan menggunakan teknik
purposive sampling sebanyak 55 siswa dari dua kelas. Teknik anlisis yang
digunakan adalah korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) interaksi sosial di kelas VII MTs
Ma’arif NU Sragi Pekalongan mayoritas berada pada kategori sedang dengan
jumlah 23 siswa dengan prosentase 42%. 2) kepercayaan diri di kelas VII MTs
Ma’arif NU Sragi Pekalongan mayoritas berada pada kategori tinggi dengan
jumlah 19 siswa dengan prosentase 35%, hasil yang diperoleh menunjukkan
bahwa ada hubungan yang signifikan dari kedua variabel dengan nilai korelasi
diperoleh 0,471.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah supaya
pihak sekolah dapat meningkatkan interaksi sosial dan kepercayaan diri siswa
dengan memberikan materi yang menarik agar mendapat perhatian dari siswa
selama proses pembelajaran.
Kata kunci: Interaksi Sosial, Kepercayaan Diri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 03:53 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 03:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/220 |