HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 KOTA SEMARANG

FIRMANSYACH, MUHAMMAD EKA BHAYU (2023) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMMAD EKA BHAYU FIRMANSYACH 18110088.pdf] Text
MUHAMMAD EKA BHAYU FIRMANSYACH 18110088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Eka Bhayu Firmansyach. NPM 18110088:“Hubungan
Antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan
Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Kota
Semarang” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing 1 Dra. Wiwik
Kusdaryani M.Pd Pembimbing II Farikha Wahyu Lestari, S. Pd., M. Pd Penelitian
Hubungan Antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan
Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Kota Semarang
dilatar belakangi oleh kesulitan dalam melakuan aktivitas akademik sesuai dengan
deadline yang sudah ditentukan, terlambat dan mengalami kegagalan dalam
menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan deadline yang sudah diberikan oleh guru
di sekolah, oleh karena itu dapat dikatakan siswa melakukan prokrastinasi akademik
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 14 Kota
Semarang dengan jumlah 287 siswa. Kelas XI MIPA 5 dengan jumlah 36 siswa
digunakan untuk tryout. Sampel dalam penelitian yaitu 245 siswa kelas XI SMA
Negeri 14 yang diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Alat
pengumpul data yang dipergunakan adalah skala peneletian berupa kuesioner
menggunakan Google Form
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
hipotesis pertama diperoleh koefisien sebesar -0,623 dengan nilai signifikansi 0,000
(p<0,05) yang artinya bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara control
diri dan prokrastinasi akademik pada siswa. sementara pada hipotesis kedua dengan
perhitungan uji pengaruh parsial telah diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar -
0,390 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) yang artinya bahwa ada hubungan
negatif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi
akademik pada siswa
Pengujian hipotesis ketiga diketahui menunjukkan hasil signifikansi 0,000
(p<0,01) dengan Fhitung hasil regresi sebesar 123,673 artinya adalah ada hubungan
yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan kontrol diri dengan
prokrastinasi akademik dengan nilai R sebesar 0,711.
Saran bagi guru pembimbing diharapkan kedepannya memberikan layanan
bimbingan konseling sesuai dengan kebutuhan siswa. Siswa yang mempunyai
masalah dalam kategori tinggi hendaknya diberikan konseling individu atau
konseling kelompok. Siswa yang mempunyai masalah kategori sedang hendaknya
diberikan layanan bimbingan kelompok dan siswa yang mempunyai masalah dalam
kategori rendah diberikan layanan bimbingan klasikal.
Kata kunci : Kontrol Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya, Prokrastinasi
Akademik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:14
Last Modified: 29 Jan 2024 04:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item
View Item