UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI BERMAIN MOZAIK KELOMPOK A DI RA BIRRUL WALIDAIN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

NISAA, MARYAM KHOIRUN (2023) UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI BERMAIN MOZAIK KELOMPOK A DI RA BIRRUL WALIDAIN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Maryam Khoirun Nisaa  19156165.pdf] Text
Maryam Khoirun Nisaa 19156165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan dasar fisik motorik halus anak. Anak-anak belum mampu
mengembangkan kemampuan motorik halus yang berhubungan dengan
keterampilan dua tangan melalui kegiatan bermain mozaik dengan baik dan benar.
Dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak, peneliti
menggunakan metode bermain mozaik dengan keterampilan dua tangan.
Menempel merupakan unsur dari kematangan dan pengendalian Gerakan tubuh
yang erat kaitannya dengan perkembangan pusat motorik di otak. Untuk itu
penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul upaya meningkatkan
motorik halus anak melalui bermain mozaik kelompok A di RA Birrul Walidain
Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal selama 2 minggu yang
dimulai dari tanggal 5 Desember sampai 22 Desember 2022. Subjek penelitian
adalah anak kelompok RA A yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 8 anak
perempuan dan 12 anak laki-laki. Prosedur penelitian menggunakan penelitian
tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu :
1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan
tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3
kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus pada anak
dapat ditingkatkan melalui mtode bermain mozaik sesuai dengan pola. Hal ini
dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan
motorik haluspada anak, setiap pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II.
Pada awal Tindakan terdapat 3 anak atau 15% yang mempunyai kemampuan
motorik halus anak dengan penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 16 anak atau
80% yang dapat bermain mozaik bentuk pola dengan baik. Berdasarkan hail
penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa motorik halus anak
kelompok A di RA Birrul Walidain Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat
ditingkatkan melalui metode bermain mozaik.
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kemampuan Motorik Halus, Mozaik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:12
Last Modified: 29 Jan 2024 04:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2185

Actions (login required)

View Item
View Item