UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA USIA 5-6 TAHUN DI RA AZ ZUHRI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

SUSILOWATI, RINI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA USIA 5-6 TAHUN DI RA AZ ZUHRI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RINI SUSILOWATI 20156009.pdf] Text
RINI SUSILOWATI 20156009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kenyataan di lapangan
banyak anak yang kurang tepat dalam menyebutkan urutan lambang bilangan 1-10
serta anak tidak aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini yang menyebabkan
rendahnya aspek kognitif peserta didik. Masalah dalam penelitian ini tentang
meningkatkan aspek kognitif dengan permainan ular tangga di RA Az Zuhri
Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 19 peserta didik berusia 5-6 Tahun RA Az Zuhri Kecamatan Tembalang
Kota Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil akhir dengan
menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan aspek kognitif peserta
didik dengan kegiatan permainan ular tangga pada siklus 1 meningkat dengan
rata-rata mencapai 39% dalam kategori Berkembang Sangat Baik dan Siklus II
perkembangan aspek kognitif meningkat dengan rata-rata mencapai 82% peserta
didik yang Berkembang Sangat Baiik. Perkembangan aspek kognitif peserta didik
mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai
dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi penggunaan permainan ular tangga
dapat meningkatkan aspek kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun yang terdapat
di RA Az Zuhri Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Pelajaran
2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian dapat dsimpulkan bahwa aspek kognitif
dapat ditingkatkan dengan kegiatan bermain dengan belajar seperti permainan ular
tangga.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah supaya
peserta didik RA Az Zuhri lebih efektif dalam proses pembelajaran menggunakan
permainan ular tangga untuk meningkatkan aspek kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:51
Last Modified: 04 Jan 2024 03:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item
View Item