RAMADHANI, M.ANDIKA ARSYA (2023) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOCRATES DALAM MENGEMBANGKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
M.ANDIKA ARSYA RAMADHANI 18110138.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
M. Andika Arsya R. 18110138. ”Layanan Bimbingan Kelompok Teknik
Socrates dalam Mengembangkan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA
Negeri 2 Pemalang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dr. Arri Handayani, S. Psi., M. Si,
Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd. Februari 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi siswa belum memahami program studi yang
ada di perguruan tinggi, siswa masih ragu dengan cita-citanya, siswa belum
mengetahui tentang seleksi di perguruan tinggi, dan siswa belum paham hubungan
antara bakat, minat, pendidikan dan pekerjaan. Masalah pokok yang dikaji adalah
Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Socrates dalam Mengembangkan
Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang.Tujuan peneltian
untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok teknik Socrates dapat
mengembangkan perencanaan karir siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang.
Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan
pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang yang berjumlah 108 siswa yang terdiri
dari 4 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random
sampling. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah product
moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha.
Kesimpulan akhir hasil analisis uji t bahwa posttest di antara kelompok
eksperimen dengan kelompok kontrol didapatkan hasil thitung = 10,3. Untuk
memastikan apakan perbedaan tersebut signifikan maka hasil tersebut
dikonsultasikan dengan ttabel.. Dengan db = (n1+n2)-2 = (10+10)-2=18 dan taraf
signifikan 5% maka diperoleh ttabel = 2,021. Karena thitung = 10,3 ˃ ttabel = 2,021
maka thitung lebih besar dari ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga
dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
teknik socrates terhadap perencanaan karir pada kelas XI di SMA Negeri 2
Pemalang” pada taraf signifikan 5%. Saran yang dapat peneliti sampaikan
hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan lanjutan berkenaan
dengan perencanaan karir.
Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Socrates, Perencanaan Karir.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 04:01 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 04:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2174 |