PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN REGULASI DIRI SISWA KELAS VII SMP KESATRIAN 1 SEMARANG

NI’MAH, AZMI KHANUNIN (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN REGULASI DIRI SISWA KELAS VII SMP KESATRIAN 1 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AZMI KHANUNIN NI’MAH 19110006.pdf] Text
AZMI KHANUNIN NI’MAH 19110006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Azmi Khanunin Ni’mah. NPM 19110006 “Pengaruh Layanan Bimbingan
Klasikal dengan Teknik Jigsaw Terhadap Kemampuan Regulasi Diri Siswa
kelas VII SMP Kesatrian 1 Semarang”. Skripsi
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan
regulasi diri siswa di SMP Kesatrian 1 Semarang. Berdasarkan rumusan masalah,
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh layanan
bimbingan klasikal dengan teknik jigsaw untuk meningkatkan regulasi diri siswa.
Metode penelitian ini menggunakan pre eksperimental design dengan desain
penelitian one group pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah
kelas VII A – VII D dengan jumlah siswa 94. Sampel pada penelitian ini dipilih
secara random kemudian terdapat kelas VII D yang digunakan untuk kelas
penelitian. Sampling yang digunakan dalam penelitian adalah cluster random
sampling.
Hasil analisis penelitian ini diketahui nilai uji hipotesis menggunakan uji
paired sample t test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.
Dengan demikian dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti “Ada
pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik jigsaw terhadap kemampuan
regulasi diri siswa kelas VII SMP Kesatrian 1 Semarang”
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
layanan bimbingan klasikal dengan teknik jigsaw dapat digunakan guru BK untuk
meningkatkan regulasi diri siswa.
Kata kunci: Bimbingan klasikal teknik jigsaw, regulasi diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:49
Last Modified: 04 Jan 2024 03:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item
View Item