HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 KEDUNGWUNI

YULIANA, KHANA NADIRA (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 KEDUNGWUNI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KHANA NADIRA YULIANA 19110140.pdf] Text
KHANA NADIRA YULIANA 19110140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Khana Nadira Yuliana. NPM 19110140 : “Hubungan Motivasi Belajar
dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1
Kedungwuni”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Univeritas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I : Dra. Tri
Suyati, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Venty, S.Ag., M.Pd
Penelitian Hubungan Motivasi Belajar dengan kemandirian belajar Siswa
Kelas XI IPS di SMAN 1 Kedungwuni dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi
belajar siswa. Siswa tidak segera mengerjakan tugas ketika diberikan tugas oleh
guru, siswa Semangat belajar jika ada ujian saja, siswa masih mencontek saat
waktu ujian, siswa belum bisa belajar secara rutin, siswa mengerjakan tugas
sebagai formalitas saja. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada
hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa Kelas XI IPS di
SMAN 1 Kedungwuni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
ada hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS
di SMAN 1 Kedungwuni.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi data penelitian sejumlah 105 siswa, meliputi kelas XI IPS
1, XI IPS 2, XI IPS 3. Sampel uji coba (Try out) berjumlah 33 siswa kelas XI
IPS 4. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 70 siswa yang diambil dengan
teknik cluster rondom sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
skala Motivasi belajar dan skala kemandirian belajar.
Hasil uji korelasi person product moment, diperoleh nilai korelasi r
hitung 0,463. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 70 dengan taraf
signifikansi 5% sebesar 0,232. Oleh karena itu r hitung 0,463 > r tabel 0,232
apabila dicocokan dengan tabel interpretasi koefisiensi menunjukkan bahwa
antara variabel motivasi belajar dengan variabel kemandirian belajar memiliki
tingkat hubungan yang cukup. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat
hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS di
SMAN 1 Kedungwuni.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan siswa agar lebih meningkatkan
sikap kemandirian belajar dengan cara menumbuh kembangkan motivasi belajar
yang tinggi dalam diri peserta didik dengan cara membuat target dan tujuan
belajar pribadi, membuat agenda belajar, mengenali gaya belajar, dan
memperbanyak membaca referensi yang memberi inspirasi dan motivasi untuk
belajar mandiri.
Kata kunci : motivasi belajar, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:50
Last Modified: 29 Jan 2024 03:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item
View Item