HASANAH, AULIA (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 7 CIREBON. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AULIA HASANAH 19110113.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
AULIA HASANAH. NPM 19110113. “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 7 Cirebon”. Skripsi. Program Studi Bimbingan
dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang 2023.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang merasa malu jika
berinteraksi dengan orang baru, siswa merasa kurang percaya diri pada saat
presentasi di depan orang banyak, siswa merasa grogi dan takut jika bertanya
kepada guru pada saat pembelajaran, dan siswa merasa minder saat melihat teman
lebih unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan
diri siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Cirebon.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Eksperimental Design dengan design menggunakan Pretest-Posttest Control
Design.. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7
Cirebon dengan jumlah 180 siswa. Kelas XII IPA 1 adalah kelas yang digunakan
tryout. Sampel dalam penelitian ini yaitu 20 responden yang terdiri dari, 10
responden sebagai kelompok eksperimen dan 10 responden sebagai kelompok
kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri.
Hasil analisis skala kepercayaan diri siswa menunjukan bahwa ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan
kepercayaan diri siswa. Hal ini dapat dibuktikan bahwa terdapat peningkatan
anatara sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok
teknik sosiodrama. Berdasarkan dari rata-rata hasil data pretest dan rata-rata hasil
data posttest kelompok eksperimen yaitu skor 62,2 menjadi 71,3. Sedangkan rata�rata pretest posttest kelompok kontrol memperoleh skor 62,8 menjadi 63,1.
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil sigifikasi (2-tailed) sebesar
0,033. Maka hasil nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau 0,033 < 0,05. Sehingga,
terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Dengan kata lain
Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan begitu maka Ha berbunyi “ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan
kepercayaan diri siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Cirebon” diterima
kebenarannya dengan taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan untuk
meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Kepercayaan diri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 03:46 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 03:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/215 |