Amalia, Fahriza (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGSRI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Fahriza Amalia 18110038.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
FAHRIZA AMALIA NPM 18110038 “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Siswa
Kelas XI SMA Negeri I Bangsri” Skripsi Program Studi Bimbingan dan
Konseling Semarang. 2023. Dr. Heri Saptadi Ismanto S.Pd. M.Pd. Kons sebagai
dosen pembimbing I, Padmi Dhyah Yulianti., S.Psi., M.Psi. Psi. Sebagai dosen
pembimbing II. Masa remaja adalah masa yang paling banyak dipengaruhi oleh
lingkungan serta teman sebaya maka untuk menghindari perilaku serta hal-hal
negatif terjadi remaja harus memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Problem Solving terhadap
peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangsri.
Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan
metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group
design. Berdasarkan hasil pretest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen
mengenai skala kecerdasan emosional dapat diketahui pada kelas eksperimen
terdapat 14 siswa pada kategori rendah dengan persentase 93% dan terdapat 1
siswa pada kategori sangat rendah dengan persentase 7%. Sementara pada kelas
kontrol terdapat 13 siswa pada kategori rendah dengan persentase 87% dan 2
siswa pada kategori sangat rendah dengan persentase 13%. Berdasarkan hasil dari
posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol di atas. Pada kelas eksperimen
terdapat nilai rata-rata sebesar 78.1 dengan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah 71.
Sementara pada kelas kontrol terdapat nilai rata-rata sebesar 59.7 dengan nilai
tertinggi 68 dan nilai terendah 54. Berdasarkan output pair 1 diperoleh nilai sig 2
tailed sebesar 0.000 < 0.005 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata
kecerdasan emosional untuk pretest kelas eksperimen dan posttest kelas
eksperimen. Kemudian berdasarkan output pair ke 2 diperoleh nilai sig 2 tailed
sebesar 0.001 < 0.05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata kecerdasan
emosional untuk pretest dan posttest kelas kontrol.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan sebelum
dilakukan (pretest) layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving
dan setelah dilakukan (posttest) layanan bimbingan kelompok dengan teknik
problem solving kelas XI SMAN 1 Bangsri.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, kecerdasan emosional, Problem Solving
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 03:37 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 03:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2145 |