ANALISIS STIMULASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS DAN NUMERASI PADA ANAK TK B DI TK NEGERI PEMBINA PUCANG GADING-DEMAK

Wahyuti, Ery (2023) ANALISIS STIMULASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS DAN NUMERASI PADA ANAK TK B DI TK NEGERI PEMBINA PUCANG GADING-DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ERY WAHYUTI 17150035.pdf] Text
ERY WAHYUTI 17150035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ERY WAHYUTI. NPM 17150035. “Analisis Stimulasi Kemampuan
Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis dan Numerasi pada
anak TK B di TK Negeri Pembina Pucang Gading Demak”. Skripsi. Progran Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI Semarang. 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stimulasi kemampuan
pemecahan masalah melalui pembelajaran literasi baca tulis dan numerasi pada
anak usia 5-6 tahun atau TK B, Kemampuan pemecahan masalah merupakan
kemampuan yang harus dimiliki oleh anak usia dini karena dalam kehidupan
sehari-hari anak-anak juga menghadapi masalah. Oleh karena itu stimulasi
kemampuan pemecahan masalah harus dimulai sejak dini supaya Ketika dewasa
anak-anak sudah terlatih untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi.
Kemampuan pemecahan masalah juga membangun pemikiran yang logis dan
sistematis dalam diri anak.
. Pada penelitian ini peneliti mencoba untuk menganalisis pelaksanaan
pembelajaran literasi baca tulis dan numerasi di TK Negeri Pembina Pucang
Gading, Mranggen, Demak, apakah efektif untuk menstimulasi kemampuan
pemecahan masalah pada anak usia dini. Literasi baca tulis dan numerasi terkait
dengan kemampuan berbahasa anak sesuai usianya, yang dipahami sebagai
kemampuan anak dalam memahami bahasa (reseftif) dan menyampaikan bahasa
(ekspresif) serta keaksaraan awal atau pengenalan huruf dan angka yang saling
terkait.
Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dimana
peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data
dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan
trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil
penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti di TK
Negri Pembina Pucang Gading, Mranggen, Demak , dapat disimpulkan bahwa
anak-anak didik di TK Negeri Pembina Pucang Gading, Mranggen Demak
memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik khususnya anak usia
5-6 tahun atau TK B , karena sekolah melaksanakan stimulasi kemampuan
pemecahan masalah melalui kegiatan pembelajaran literasi baca tulis dan
numerasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:22
Last Modified: 29 Jan 2024 03:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item
View Item