PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X MAN 1 PATI

Zulvani, Erlita (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SIMULATION GAMES TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X MAN 1 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ERLITA ZULVANI 18110079.pdf] Text
ERLITA ZULVANI 18110079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Erlita Zulvani. NPM 18110079. “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Teknik Simulation Games terhadap Komunikasi Interpersonal
Pada Siswa Kelas X MAN 01 PATI”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Penelitian ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi oleh siswa yang
kurang berkomunikasi sesama teman di sekolah ditunjukkan dengan saling
berdiam-diaman, introvet, tidak percaya diri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
teknik simulation games. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X MAN 01 PATI dengan jumlah 144 siswa. Kelaas X-1 adalah kelas
yang dipergunakan untuk tryout. Sedangkan untuk sampelnya adalah diambil 37
siswa yang komunikasi interpersonalnya rendah. Sampling yang digunakan
adalah teknik purposive sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan
adalah skala komunikasi interpersonal. Analisis yang digunakan untuk menguji
validitas instrument adalah korelasi antara butir dan skor yang dikerjakan dengan
korelasi Product Moment sedangkan untuk menguji reliabilitas dengan bantuan
program komputer SPSS 22,0 for windows
Dari analisis data yang dilakukan peneliti diatas selanjutnya dilakukan uji
hipotesis untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang diajukan. Hasil pretest
mengenai skala komunikasi interpersonal dapat diketahui terdapat 5 siswa pada
kategori rendah dengan persentase 70%, 1 siswa pada kategori tinggi dengan
persentase 30%. Hasil posttest mengenai skala komunikasi interpersonal dapat
diketahui terdapat 6 siswa pada kategori tinggi dengan persentase 70,5%, 2 siswa
pada kategori rendah dengan persentase 29,5%. Hasil uji Independent Sampel
Test menggunakan bantuan program SPSS 22 diperoleh nilai sig. 0.080 < 0.05,
maka hipoteses yang berbunyi layanan bimbingan kelompok dengan teknik
simulation games berpengaruh dalam meningkatkan komunikasi interpersonal
siswa memiliki perbedaan yang signifikan, yang memiliki perbedaan yang
signifikan, dilihat dari hasil perhitungan uji independent Sample T-test
Dari uraian di atas, maka dapat dikatakan bahwa layanan bimbingan
kelompok dengan teknik simulation games berpengaruh dalam meningkatkan
komunikasi interpersonal siswa kelas X MAN 01 PATI
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Simulation Games, Komunikasi
Interpersonal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:13
Last Modified: 29 Jan 2024 03:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item
View Item