PENERAPAN METODE INQUIRY BASED LEARNING BERBANTU MEDIA CLASSDOJO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SLAWI TAHUN AJARAN 2022/2023

KHASANAH, YULFA NURUL (2023) PENERAPAN METODE INQUIRY BASED LEARNING BERBANTU MEDIA CLASSDOJO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SLAWI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of YULFA NURUL KHASANAH 18430018.pdf] Text
YULFA NURUL KHASANAH 18430018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan metode inquiry
based learning berbantu media classdojo dalam pembelajaran menulis teks
eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Slawi. Dalam kaitannya pada
pembelajaran menulis teks eksposisi bahasa Jawa dengan harapan peserta didik
mampu menguasai keterampilan menulis teks non sastra berupa teks eksposisi.
Namun untuk mencapai tujuan pembelajaran, terdapat kendala atau kesulitan
peserta didik pada keterampilan menulis. Adapun kendala tersebut ialah peserta
didik kesulitan menemukan ide, peserta didik masih belum menguasai kaidah
penulisan teks eksposisi yang benar, sarana dan metode pembelajaran yang belum
efektif.
Adapun penelitian ini masuk dalam jenis penelitian kuantitatif, dengan
pendekatan deskriptif kuantitatif. Desain yang digunakan pada penelitian ini
menggunakan pre exprerimen design tipe one-shot class study, untuk melakukan
penelitian tersebut digunakan teknik analisis data meliputi teknik tes dan non tes.
Teknik tes digunakan dengan tujuan memperoleh hasil nilai dari aspek
pengetahuan dan aspek keterampilan, sedangkan non tes berupa angket dan
dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa peserta didik kelas X.3 SMA N 2 Slawi mampu menulis teks eksposisi
berbahasa Jawa. Hasil data ini pada aspek pengetahuan memperoleh 31 peserta
didik atau 89% tuntas dan 4 atau 11% peserta didik belum mencapai KKM.
Sedangkan pada aspek keterampilan terdapat 31 atau 89% peserta didik telah
mencapai KKM, DAN 4 atau 11% peserta didik belum mencapai KKM dengan
perolehan nilai rata-rata kelas 87,9.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:37
Last Modified: 04 Jan 2024 03:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item
View Item