HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

HANIFAH, ANISA HAYYU (2023) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANISA HAYYU HANIFAH 18110061.pdf] Text
ANISA HAYYU HANIFAH 18110061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ANISA HAYYU HANIFAH. NPM 18110061. Skripsi. Desember 2023.
“Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X
SMA Laboratorium Universitas PGRI Semarang”. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Dr. Suhendri, S.Pd., M.Pd., Kons., dan Pembimbing II Dr. Chr. Argo Widiharto,
S.Psi., M.Si.
Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: (1) siswa memiliki
regulasi diri yang rendah yang ditujukan dalam perilakunya, seperti: tidak
memiliki perencanaan dalam belajar, kecewa menerima hasil nilai rendah yang
diberikan guru, dan lupa dengan jadwal belajar; (2) siswa memiliki kemandirian
belajar yang rendah yang ditujukan dalam perilakunya, seperti: kurang aktif ketika
pembelajaran berlangsung, mudah meminta jawaban kepada teman lainnya, dan
kurang percaya diri. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya hubungan
antara regulasi diri dengan kemandirian belajar siswa.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan
adalah desain penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X1 di SMA Laboratorium Universitas PGRI Semarang berjumlah 26 siswa
sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes
dengan skala regulasi diri dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis data
menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Pearson
menggunakan SPSS.26.
Hasil penelitian diketahui terdapat hubungan antara regulasi diri dengan
kemandirian belajar dengan nilai signifikansi 2-tailed 0,000 < 0,05, maka dapat
dikatakan berkorelasi. Derajat hubungan variabel regulasi diri dengan
kemandirian belajar dalam uji korelasi Pearson dengan nilai Pearson Correlation
0,728 > 0,61, maka variabel regulasi diri dengan variabel kemandirian belajar
berkorelasi dengan kategori kuat dalam bentuk hubungan positif. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan siginifikan antara regulasi
diri dengan kemandirian belajar siswa kelas X di SMA Laboratorium Universitas
PGRI Semarang. Semakin tinggi variabel regulasi diri, maka semakin tinggi
variabel kemandirian belajar.
Kata kunci: regulasi diri dan kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:25
Last Modified: 04 Jan 2024 03:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item
View Item