PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

VISTA, ANISA BERLIANDA (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANISA BERLIANDA VISTA  19110080.pdf] Text
ANISA BERLIANDA VISTA 19110080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)

Abstract

ANISA BERLIANDA VISTA. NPM 19110080. “ Pengaruh Layanan Konseling
Kelompok Dengan Pendekatan Realita Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada
Mahasiswa Tingkat Akhir”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Siti
Fitriana, S.Pd, M.Pd, Kons. dan Pembimbing II Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd.
2023.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil penyebaran kuesioner kepada
mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa mengalami prokrastinasi akademik berupa
menunda memulai dan menyelesaikan tugas seperti mempunyai perasaan khawatir
dan takut karena belum menemukan referensi yang tepat , keterlambatan dalam
mengerjakan tugas berupa melamunkan hal-hal diluar tugas sehingga
penyelesaian tugas akhir menjadi terhambat, dari segi kesenjangan waktu antara
rencana dan kinerja actual seperti ketika akan menemui dosen mahasiswa
perasaanya takut dan kurang percaya diri pada hasil revisian, serta melakukan
aktivitas lain yang lebih menyenangkan seperti senang berkumpul bersama teman
daripada langsung menyelesaikan tugas akhir, jalan-jalan, berpergian dan
melakukan kegiatan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita
terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini adalah one
group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir.
Sampel pada penelitian ini ialah 5 anggota kelompok mahasiswa akhir yang
dipilih dengan kategori tinggi dengan rentang nilai 58-74 yang saya gunakan
treatment dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui skala psikologis.
Pada uji Paired Sample T test dapat diperoleh bahwa hasil yang signifikan
antara hasil penelitian pre test dan post test yang dapat diperoleh nilai signifikan
(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
Ho dalam penelitian “ditolak” dan Ha “diterima”. Terdapat perbedaan antara hasil
penelitian pre test dan post test prokrastinasi akademik sesudah diberikan
treatment pada layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Sehingga
dapat dikatakan bahwa “Ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan
pendekatan realita terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat
akhir”.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah
layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita dapat digunakan untuk
mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir.
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Realita, Prokrastinasi Akademik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:22
Last Modified: 04 Jan 2024 03:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item
View Item