PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “PEER TEACHING” UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS II SDN DUKUTALIT 01 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

WIDAYATI, PUTRI ARUM (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “PEER TEACHING” UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS II SDN DUKUTALIT 01 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of PUTRI ARUM WIDAYATI 20126004.pdf] Text
PUTRI ARUM WIDAYATI 20126004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PUTRI ARUM WIDAYATI NPM 20126004 “Penerapan Metode Pembelajaran
Peer Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II SDN Dukutalit 01
Kabupaten Pati” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang..
Dosen pembimbing I Ervina Eka S.,S.Si.,M.Pd. dan dosen pembimbing II Henry
Januar Saputra,S.Pd.,M.Pd..
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa kelas II
SDN Dukutalit 01 dalam pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan ini oleh
beberapa faktor, salah satu faktornya adalah metode pembelajaran yang digunakan
cenderung berpusat pada guru. Siswa hanya mendengarkan dan sesekali mencatat
keadaan tersebut membuat siswa pasif dan tak jarang siswa berbicara sendiri
dengan teman sebangkunya. Alhasil siswa tidak memahami materi yang
disampaikan oleh guru. Sedangkan guru merasa kewalahan dalam mengondisikan
siswa yang susah diatur. Maka diperlukan metode pembelajaran yang inovatif
untuk meningkatkan keaktifan siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini : 1)
Solusi untuk guru yang merasa kewalahan dalam mengondisikan siswa kelas II, 2)
kurangnya keaktifan siswa kelas II, 3) Penerapan Metode Peer Teaching di kelas
II, 4) pemahaman siswa setelah diterapkan Peer Teaching, 5) kekurangan dan
kelebihan metode Peer Teaching. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Peer Teaching untuk
meningkatkan keaktifan siswa kelas II SDN Dukutalit 01 dalam pembelajaran
tematik. Penelitian yang dibuat merupakan penelitian kualitatif dengan metode
observasi , wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas II SDN Dukutalit
01. Penulis berperan sebagai pengamat dan pewawancara untuk menggali
informasi dan data dari siswa dan guru kelas II SDN Dukutalit 01. Hasil penelitian
menunjukan bahwa guru mengubah metode pembelajaran yang awalnya
cenderung berpusat kepada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa,
metode pembelajaran tersebut adalah metode pembelajaran Peer Teaching .
penerapan metode Peer Teaching adalah dengan membagi siswa ke dalam
beberapa kelompok, dalam kelompok tersebut ada siswa yang berperan sebagai
guru (tutor) dan ada siswa yang berperan sebagai murid. Siswa yang sebagai guru
mengajari siswa yang berperan sebagai murid. Siswa sangat antusias dengan
peran tersebut dan hasil pengamatan 5 dari 7 kelompok tutor menunjukkan hasil
yang baik dalam proses belajar tutor sebaya.
Kata kunci : Peer Teaching, Keaktifan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:00
Last Modified: 24 Jan 2024 07:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item
View Item