UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN LARI BOLA KERANJANG PADA SISWA KELAS V SDN JATIRUNGGO 03 KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WIDIYANTO, PURIE (2023) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN LARI BOLA KERANJANG PADA SISWA KELAS V SDN JATIRUNGGO 03 KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of PURIE WIDIYANTO 21236038.pdf] Text
PURIE WIDIYANTO 21236038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Purie Widiyanto“Upaya Peningkatan Pembelajaran Ketrampilan Lari Jarak
Pendek Melalui Pendekatan Permainan Lari Bola Keranjang pada siswa kelas V
semester 2 SDN Jatirunggo 03 Kec. Pringapus Tahun Pelajaran 2022/2023,
Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran
menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang dapat meningkatkan
pembelajaran keterampilan lari jarak pendek pada siswa?. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa melalui
pembelajaran lari jarak pendek menggunakan pendekatan permainan lari bola
keranjang.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jatirunggo 03 Kec. Pringapus,
Kabupaten Semarang, penelitian ini melibatkan semua siswa kelas V yang
berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan penilaian pengamatan sikap keaktifan siswa, penilaian
ketuntasan hasil belajar,.
Hasil pengamatan proses pembelajaran yang kaitannya dengan sikap
aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, yaitu siklus 1 hasil prosentase
sebesar 66,67 % dan siklus II hasil prosentase sebesar 91,67 %, ini ada
peningkatan sebesar 25,00 %. Berdasarkan perbandingan hasil yang dicapai antara
siklus I dan siklus II, secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek
terdapat peningkatan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran lari jarak pendek
menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang mampu meningkatkan
keterampilan siswa. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah siswa
diharapkan untuk meningkatkan semangat belajar. Guru hendaknya terus berusaha
untuk meningkatkan kemampuannya dan juga guru diharapkan lebih inovatif,
kreatif dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang
sesuai dengan materi pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan
efektif dan menyenangkan.
Kata Kunci : Hasil Pembelajaran, lari jarak pendek, pendekatan permainan bola
keranjang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:55
Last Modified: 24 Jan 2024 06:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item
View Item