Hartati, Ulifah Rachmi (2023) ANALISIS DAYA TANGKAP SISWA KELAS V SD NEGERI REJOSARI 03 TERHADAP NILAI KARAKTER PADA FILM ANIMASI “A BUG’S LIFE”. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ULIFAH RACHMI HARTATI 19120411.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak siswa
yang suka menonton film animasi karena visualnya yang menarik, karakter tokoh
yang unik, dan ceritanya yang mudah dipahami. Hal tersebut membuat peneliti
tertarik untuk menjadikan film animasi sebagai media penanaman nilai karakter
anak sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, dan berperilaku
baik. Pendidikan karakter dapat diajarkan pada anak sekolah dasar melalui film,
namun tetap dalam pengawasan guru dan orang tua dalam menonton.
Fokus penelitian ini untuk mengkaji nilai karakter dari delapan belas nilai
karakter menurut Kurniawan (2017) seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar
mmbaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab yang terdapat pada
film animasi A Bug’s Life. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan nilai karakter
seperti jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa
ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab yang
terdapat pada film animasi A Bug’s Life.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode kualitatif
digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang diperoleh
dari fenomena yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode yang ada. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, simak catat, wawancara, dan
dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi perpanjang
pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Dari penelitian yang dilakukan, film animasi A Bug’s Life memiliki nilai
karakter jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa
ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kelima
belas nilai karakter muncul pada setiap adegan adegan maupun dialog tokoh
dengan acuan delapan belas nilai karakter menurut Kurniawan (2017). Film ini
dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan karakter siswa SD dalam proses
pembelajaran di sekolah.
Dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah siswa dapat
termotivasi dan mencontoh untuk selalu berbuat baik kepada lingkungannya, bagi
guru dapat terinovasi menjadikan film animasi sebagai sarana dalam menanamkan
nilai karakter, dan bagi orang tua dapat mengarahkan atau memberikan teladan
kepada anak untuk senantiasa berkelakuan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 06:28 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 06:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1873 |