PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PJBL (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS XII SMA SEDES SAPIENTIAE SEMARANG

PUTRI, PETRONELLA ANISA SWASTIKA (2023) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PJBL (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS XII SMA SEDES SAPIENTIAE SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of PETRONELLA ANISA SWASTIKA PUTRI 20116017.pdf] Text
PETRONELLA ANISA SWASTIKA PUTRI 20116017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Petronella Anisa Swastika Putri 20116017, “Pelaksanaan Layanan
Bimbingan Klasikal dengan metode PJBL (Project Based Learning) untuk
pemilihan karir siswa kelas XII SMA Sedes Sapientiae Semarang.” Skripsi.
Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Siti Fitriana,Farikha Wahyu Lestari. Maret 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah membantu perencanaan
pemilihan karir peserta didik kelas XII SMA Sedes Sapientiae Semarang, hal
tersebut disebabkan peserta didik yang mengalami kebingungan dalam pemilihan
jurusan setelah lulus dari SMA tersebut untuk karir dimasa depan. Hal ini peran guru
bimbingan konseling sangat penting untuk memberikan materi tentang bimbingan
karir dengan metode PJBL (Project Based learning) yang menggunakan alat bantu
dari pohon karir dilaksanakan dengan layanan bimbingan klasikal. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan layanan bimbingan
klasikal dengan metode PJBL (Project Based Learning) untuk pemilihan karir siswa
kelas XII SMA Sedes Sapientiae Semarang ? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan layanan bimbingan
klasikal dengan metode PJBL (Project Based Learning) untuk pemilihan karir siswa
kelas XII SMA Sedes Sapientiae Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.Pada pengumpulan data
menggunakan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Populasi
penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XII jurusan IPA, IPS dan Bahasa SMA
Sedes Sapientiae Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 258
siswa kelas XII IPA,IPS dan Bahasa dengan menyebarkan pretest dan posttest
berbentuk pertanyaan tentang pilihan karir.
Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti ini menunjukkan 99% peserta didik
sudah memiliki pilihan karirnya yang sesuai dengan pribadi karakternya dan 1%
mengalami kebimbangan yang disebabkan adanya pengaruh dari orang tua yang tidak
dukung dengan pilihan anak-anaknya dan juga peserta didik ragu akhirnya mengikuti
teman-temannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode PJBL
(Project Based Learning) dengan menggunakan media pohon karir yang dilaksanakan
layanan bimbingan klasikal ini sangat membantu untuk peserta didik dalam
menentukan pilihan karirnya dimasa depannya.
Kata Kunci : layanan bimbingan klasikal, Metode PJBL(Project Based Learning),
Pemilihan karir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:24
Last Modified: 24 Jan 2024 06:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1871

Actions (login required)

View Item
View Item