PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI BERMAIN ORIGAMI PADA KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT SINDON NGEMPLAK BOYOLALI

PARDJINAH, PARDJINAH (2023) PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI BERMAIN ORIGAMI PADA KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT SINDON NGEMPLAK BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of PARDJINAH 20156071.pdf] Text
PARDJINAH 20156071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pardjinah, “PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI
BERMAIN ORIGAMI PADA KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT SINDON
NGEMPLAK BOYOLALI”. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan universitas
PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd.
Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D. H, S.Pd. M.Pd.
Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk menyusun Skripsi ini
adalah kemampuan anak dalam melipat origami masih kurang. Anak belum
dapat menggerakkan otot-otot jari tangan dengan lentur, anak dalam membuat
kreasi menggunting, melipat dan menempel masih rendah, kekuatan tangan
anak sepenuhnya belum berkembang secara optimal. Kondisi ini ditandai
melalui pengamatan kami, dari 10 anak terdapat 2 anak yang sudah mampu
melipat origami dengan contoh dari guru, namun masih terdapat 8 anak lainnya
yang belum mampu melipat origami sesuai bentuk yang dicontohkan.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut maka penulis
merumuskan masalah sebagai berikut : Berdasarkan hasil observasi di TK
MUSLIMAT SINDON Ngemplak Boyolali diketahui bahwa kegiatan melipat,
menggunting dan menempel belum sesuai dengan teori yang ada. Untuk
meningkatkan motorik halus dengan bermain origami pada anak kelompok B
di TK MUSLIMAT SINDON.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas
rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu :
perecanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelompok B TK MUSLIMAT SINDON, dalam kelompok ini
terdapat 10 siswa yang terdiri 4 siswa putra dan 6 siswa putri.
Penelitian ini diperoleh dengan Teknik analisis deskriptif yang bersifat
kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali hasil penelitian
menunjukan adanya peningkatan penggunaan origami untuk meningkatkan
kemampuan motorik halus anak yaitu siklus 1 mecapai 40%, pada siklus 2
penggunaan origami untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak
sudah berhasil meningkat hingga 80% dengan kriteria baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi
guru, hendaknya lebih kreatif dan aktif dalam menarik minat anak untuk
mengikuti kegiatan pembelajaran, bagi sekolah sebaiknya menyediakan
prasarana dan sarana yang dibutuhkan dan bagi orang tua hendaknya
memahami kebutuhan anak dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:49
Last Modified: 24 Jan 2024 04:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item
View Item