PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI BANGUN DATAR KELAS 4 BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENALARAN PESERTA DIDIK SD KOTA SEMARANG

WIDYA, PANGESTIKA NUR (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI BANGUN DATAR KELAS 4 BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENALARAN PESERTA DIDIK SD KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of PANGESTIKA NUR WIDYA 16120103.pdf] Text
PANGESTIKA NUR WIDYA 16120103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PANGESTIKA NUR WIDYA. NPM 16120103. "Pengembangan Bahan
Ajar Materi Bangun Datar Kelas 4 Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk
Meningkatkan Keterampilan Penalaran Peserta Didik SD Kota Semarang”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas PGRI Semarang, pembimbing I Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd.,
pembimbing II Mira Azizah, S.Pd., M.Pd. 2023.
Bahan ajar matematika yang sudah ada belum meningkatkan keterampilan
penalaran peserta didik. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya motivasi dan
semangat belajar peserta didik, pemilihan pendekatan yang kurang tepat, serta
kurangnya kreatifitas dalam menyelesaikan soal yang peserta didik hadapi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah bahan ajar
yang digunakan dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan penalaran
peserta didik di Sekolah Dasar?, 2) Bagaimanakah langkah pengembangan bahan
ajar dengan pendekatan open-ended?, 3) Bagaimanakah kelayakan bahan ajar
berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalaran di sekolah dasar?.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah pengembangan
bahan ajar dengan pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalaran peserta
didik di Sekolah Dasar dan mendeskripsikan hasil analisis kelayakan bahan ajar
berbasis pendekatan open-ended. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
RnD (Research and Development) dengan menggunakan pendekatan berbasis
open-ended.
Hasil analisis angket validasi isi pada tahap I valid dan dapat digunakan,
namun perlu revisi, sedangkan pada tahap II sangat valid dan dapat digunakan
tanpa revisi. Hasil analisis angket validasi konstruk pada tahap 1 valid dan dapat
digunakan, namun perlu revisi, sedangkan pada tahap II sangat valid dan dapat
digunakan tanpa revisi. Hasil uji coba validasi isi sangat valid dan dapat
digunakan tanpa revisi, sedangkan hasil uji coba validasi konstruk sangat valid
dan dapat digunakan tanpa revisi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan kepada guru
sebaiknya lebih banyak memberikan latihan soal dengan metode open-ended
supaya melatih keterampilan penalaran peserta didik dan saran untuk peserta didik
lebih banyak lagi berlatih dalam menyelesaikan soal matematika.
Kata Kunci : Open-Ended, Bangun Datar, dan Bahan Ajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:47
Last Modified: 24 Jan 2024 04:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item
View Item