PENERAPAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ABSARI, OVY SENDYKA (2023) PENERAPAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of OVY SENDYKA ABSARI 19410043.pdf] Text
OVY SENDYKA ABSARI 19410043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil penerapan penerapan model
Experiental Learning dalam pembelajaran menulis teks drama pada peserta didik
kelas VIII SMPN 3 Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini
menggunakan kualitatif deskriptif dengan data lengkap dideskripsikan sesuai
keadaan saat dilakukannya penelitian. Data diperoleh dengan teknik tes dan
nontes berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan
penelitian dilakukan secara urut mulai dari pendahuluan yang memuat salam, doa,
kehadiran, apersepsi. Kegiatan inti mencakup pendalaman teori dasar, mengamati
dan mempraktikkan contoh teks drama, menulis teks drama secara individu.
Setelah selesai membuat teks drama peserta didik yang berjumlah 29 melakukan
praktik pementasan drama yang dibentuk menjadi 2 kelompok. Kegiatan terakhir
yaitu penutup memuat simpulan, refleksi, tanya jawab, tindak lanjutan, doa
penutup, salam. Penerapan model Experiental Learning berjalan sesuai dengan
rencana dan target nilai yang diharapkan. Hal tersebut dibuktikan dengan
perbandingan nilai pretest dan posstest, yaitu pretest mencapai angka 80,35 dan
posstest mencapai diangka 92,25. Selain data hasil tes, data nontes berupa
observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi mendapat respon positif dari
pendidik bahas Indonesia kelas dan peserta didik kelas VIII F. Respon dari angket
dan wawancara menandakan bahwa model Experiental Learning diakui sebagai
model yang berpotensi mengubah suasana saat proses pembelajaran menjadi
kondusif dan aktif. Selain itu, menambah rasa percaya diri dan kreativitas peserta
didik. Dengan model Experiental Learning peserta didik dapat menunjukkan
potensinya sehingga dapat berpikir kritis.
Kata kunci: penerapan, model Experiental Learning, teks drama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:43
Last Modified: 24 Jan 2024 04:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1859

Actions (login required)

View Item
View Item