ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD N MRANAK 01 DEMAK

QOMARIYAH, NURUL (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD N MRANAK 01 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Nurul Qomariyah 19120050.pdf] Text
Nurul Qomariyah 19120050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

NURUL QOMARIYAH. NPM 191200050. “Analisis Kesulitan Belajar
Matematika Siswa Kelas III SD Negeri Mranak 01 Demak” . Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang Tahun 2023. Dosen Pembimbing I: Bapak Dr. H. Rahmat Rais, M. Ag.
Dosen Pembimbing II Ibu Aries Tika Damayani, S.Pd., M. Pd.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ditemukan
kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal pecahan pada mata
pelajaran matematika dikelas III materi operasi hitung pecahan. Permasalahan pada
penelitian ini adalah apa saja kesulitan belajar yang dialami peserta didik siswa
kelas III SD N Mranak 01 Demak dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan dan
faktor apa saja yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam
operasi hitung pecahan pada peserta didik kelas III SD N Mranak 01 Demak. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan – kesulitan apa saja yang dialami
oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal – soal materi pecahan pada siswa kelas
III SD N Mranak 01 Demak.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan metode tes,
observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas III SD N Mranak 01 Demak. Hasil penelitian ini adalah adalah peserta didik
kelas III SD N Mranak 01 Demak yang berjumlah 26 siswa, yang mengalami
kesulitan belajar pada materi pecahan adalah 8 siswa. Dalam penelitian ini terdapat
beberapa temuan yaitu : (1) kesulitan belajar yang dialami peserta didik SD N
Mranak 01 Demak meliputi (a) kesulitan dalam operasi hitung pecahan decimal, (b)
kesulitan dalam operasi hitung pecahan campuran dan, (c) kesulitan dalam operasi
hitung soal cerita. (2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar belajar operasi
hitung pecahan pada peserta didik kelas III SD N Mranak 01 Demak meliputi : a)
faktor motivasi dan sikap, b) faktor lingkungan, c) faktor variasi guru dalam
mengajar, d) faktor sarana dan prasarana di sekolah, serta e) faktor lingkungan
masyarakat.
Saran yang disampaikan yaitu kepada guru untuk bisa lebih memahami
kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas III dalam memecahkan
masalah matematika materi pecahan. Saran kepada siswa yaitu agar siswa lebih
teliti dalam mengerjakan soal, dari permasalahan tersebut siswa dapat menjadikan
kesalahan tersebut menjadi pembelajaran agar menjadi lebih baik lagi.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Operasi Hitung, Pembagian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:28
Last Modified: 24 Jan 2024 04:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item
View Item