KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PLANTUNGAN KENDAL TAHUN 2022

HIDAYATIN, NURUL (2023) KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PLANTUNGAN KENDAL TAHUN 2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NURUL HIDAYATIN 18430020.pdf] Text
NURUL HIDAYATIN 18430020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nurul Hidayatin. “Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII
SMPN 2 Plantungan Kabupaten Kendal”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa
dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Sunarya, M.Hum.
Pembimbing II Nuning Zaidah, S.Pd.,M.A. Februari 2023.
Kata Kunci : Metode Kualitatif, Kemampuan Menulis Teks Berita.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas
VIII SMPN 2 Plantungan Kabupaten Kendal dalam menulis teks berita.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, karena data
yang diambil berupa deskripsi yang menjelaskan mengenai menulis teks berita.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
dokumentasi, dan penugasan atau tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita
melalui hasil tes yang telah dikerjakan oleh siswa dalam kategori baik. Hal ini
terbukti dari hasil nilai rata-rata menulis teks berita yaitu 81,4. Hasil nilai rata-rata
yang diperoleh siswa pada kategori baik yaitu 81,4 dari 27 siswa yang
mendapatkan nilai di atas KKM, sedangkan hanya 5 siswa yang mendapatkan
nilai dibawah KKM dengan kategori kurang, dengan nilai (50-69). Berdasarkan
dari hasil yang sudah diperoleh dapat dilihat bahwa kemampuan menulis teks
berita siswa kelas VIII SMPN 2 Plantungan Kabupaten Kendal terbukti dapat
mencapai pembelajaran yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:26
Last Modified: 24 Jan 2024 04:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item
View Item