UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PLAYDOUGH DI PAUD KB SALSABILLA DESA WATUURIP KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BANJARNEGARA

RIYANI, TRI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PLAYDOUGH DI PAUD KB SALSABILLA DESA WATUURIP KECAMATAN BAWANG, KABUPATEN BANJARNEGARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TRI RIYANI 21156081.pdf] Text
TRI RIYANI 21156081.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Yang melandasi peneliti mengambil judul penelitian di atas adalah
rendahnya kemampuan motorik halus pada anak PAUD KB Salsabilla Desa
Watuurip Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara, Tahun Pelajaran
2022/2023. Subyek penelitian ini adalah anak PAUD Salsabilla Desa Watuurip
Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 12 anak terdiri dari
2 anak laki laki dan 10 anak perempuan.
Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) membuat
perencanaan, (2) melakukan tindakan, (3) mengadakan pengamatan, (4)
merefleksi hasil pengamatan tindakan. Setiap siklus dilaksanakan tiga kali
pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis
dengan menggunakan Teknik Deskriptif Kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan
menggunakan media playdough kemampuan motorik halus pada anak PAUD KB
Salsabilla Desa Watuurip, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara dapat
ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari keadaan awal atau kondisi pra siklus
dimana hasil observasi pra siklus pada anak menunjukkan sebanyak 9 anak atau
75% anak dalam kondisi belum berkembang, dan 0% pada kategori berkembang
sangat baik. Setelah diadakan pelaksanaan siklus I prosentase pada kategori belum
berkembang berkurang menjadi 0% dan 50% pada kategori berkembang sesuai
harapan serta 50% berkembang sangat baik.
Peningkatan kemampuan motorik halus anak pada siklus I mulai terlihat,
namun belum memenuhi indikator kinerja yaitu 76% pada kategori berkembang
sangat baik, sehingga dilanjutkan dengan tindakan Siklus II. Pada akhir siklus II
kemampuan motorik halus anak pada kategori berkembang sangat baik meningkat
dari 50% pada siklus I menjadi 83.33% pada siklus II. Sehingga target telah
memenuhi indikator kinerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:25
Last Modified: 24 Jan 2024 04:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item
View Item