Maesaroh, Siti (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI SIKLUS AIR TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 HARJOWINANGUN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Siti Maesaroh 19120319.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Siti Maesaroh. NPM 19120319. Penerapan Model Project Based Learning Materi
Siklus Air Terhadap Kreativitas Siswa Kelas V SD Negeri 1 Harjowinangun.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya penguasaan
materi, kreativitas, dan minat belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan proses belajar
masih didominasi oleh guru, dalam pembelajaran guru masih berpatokan pada buku
sebagai sumber belajar dan kurang memanfaatkan lingkungan alam sekitar, serta
penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi dan belum sesuai dengan
materi. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan
menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu dengan menerapkan
model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
adanya hasil dari penerapan model Project Based Learning pada materi siklus air
untuk meningkatkan kreativitas siswa di kelas V SD Negeri 1 Harjowinangun.
Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design dengan jenis
one-group pretest-posttest design yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan.
Pembuatan proyek dilaksanakan selama tenggang waktu pertemuan pertama,
pertemuan kedua, dan pertemuan ketiga. populasi penelitian ini seluruh siswa SD
Negeri 1 Harjowinangun tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah
siswa kelas V. Data penelitian diperoleh melalui melalui tes tertulis, observasi,dan
angket. Analisis data menggunakan uji hipotesis t-test dan uji gain.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan kreativitas siswa yang meliputi:
kelancaran,keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Berdasarkan analisis data dengan
menggunakan uji-t, diperoleh adanya perbedaan yang signifikan nilai kreativitas
sebelum dan sesudah pembelajaran, uji t terhadap nilai kreativitas menunjukan
bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (6,881 > 2,056). Selain itu, ditunjukan
pada uji gain untuk tes tertulis sebesar 0,58 dengan kriteria peningkatannya adalah
sedang. Sedangkan hasil observasi terhadap kreativitas menunjukan adanya
peningkatan setiap aspek kreativitas pada setiap pertemuan. Kesimpulannya bahwa
penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan
kreativitas siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model Project Based Learning dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang
digunakan guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 03:07 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 03:07 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/184 |