ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS BAWAH SD NEGERI METARAMAN

Aldi, Nur Royyan Fikri (2023) ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS BAWAH SD NEGERI METARAMAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Nur Royyan Fikri Aldi 21236017.pdf] Text
Nur Royyan Fikri Aldi 21236017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Nur Royyan Fikri Aldi “Analisis Perkembangan Motorik Kasar Siswa
Laki-laki dan Perempuan Kelas Bawah SD Negeri Metaraman”, Program Studi
PJKR Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas
PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamataan gerak motorik kasar
pada siswa kelas bawah di SD Negeri Metaraman yang hasilnya berbeda-beda.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi perkembangan motorik kasar siswa
laki-laki dan perempuan kelas bawah SD Negeri Metaraman untuk menerapkan
pembelajaran yang sesuai kepada siswa laki-laki dan perempuan.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang sesuai dengan
peserta didik usia 7-10 dengan menggunakan tes TGMD-2. Metode penelitian
dengan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian ditentukan melalui
purposive sampling dengan jumlah 68 peserta didik. Uji keabsahan menggunakan
validitas deskripsi dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan langkah uji
homogenitas, uji normalitas, dan uji persentase.
Berdasarkan hasil tes yang dilakukan peserta didik didapatkan hasil berupa
berikut, pada kelas I nilai motorik kasar pada siswa laki-laki ada 50% anak dengan
penilaian rendah dan 50% lainnya dengan penilaian sangat rendah, sedangkan untuk
nilai motorik kasar perempuan semua siswa dengan penilaian rendah. Pada kelas II
skor motorik kasar laki-laki ada 75% dengan penilaian rendah dan 25% lainnya
dengan penilaian sangat rendah, sedangkan untuk nilai motorik kasar perempuan
ada 85,71% dengan penilaian rendah dan 14,28% lainnya berada di penilaian sangat
rendah. Pada kelas III skor motorik kasar pada siswa laki-laki ada semua pada
penilaian sangat rendah, sedangkan pada siswa perempuan ada 90,90% dengan
penilaian sangat rendah dan 9,09% lainnya berada di penilaian rendah. Anak
dengan nilai rendah ada 29 anak dengan nilai 70-79. Anak dengan nilai sangat
rendah ada 39 anak dengan nilai <70.
Kondisi perkembangan tingkat motorik kasar peserta didik laki-laki dan
perempuan baik kelas I, II, dan III berada pada di penilaian yang sangat rendah dan
rendah. Diharapkan guru dapat menambah perhatiannya terhadap perkembangan
para peserta didik terutama dalam meningkatkan keterampilan berpikir dan motorik
siswa, juga guru harus selalu mengeksplor kemampuan motorik anak melalui
berbagai aktivitas gerak yang dapat dilakukan secara variatif dan berkelanjutan.
Kata kunci : Gerak dasar motorik, Motorik kasar, TGMD

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:07
Last Modified: 24 Jan 2024 04:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item
View Item