FAIZAH, NUR (2023) OPTIMALISASI KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA QUANTUM HIJAIYAH CARD DI TKIT PERMATA BUNDA BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NUR FAIZAH 20156054.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Nur Faizah, NPM 20156054 “Optimalisasi Kemampuan Membaca Huruf
Hijaiyah Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun melalui Media Quantum Hijaiyah Card
di TKIT Permata Bunda Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran
2022/2023”. Skripsi program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing 1 Dr.
Muniroh Munawar, S.Pi, M.Pd dan dosen pembimbing 2 Dwi Prasetiyawati D.H,
S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kebutuhan akan
media yang menyenangkan dalam mengajarkan huruf Hijaiyah pada anak usia 5-6
tahun. Huruf Hijaiyah merupakan dasar dalam mempelajari Al-Quran, dan penting
bagi anak muslim untuk mempelajari huruf Hijaiyah sejak dini agar dapat
membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Tetapi, pembelajaran huruf Hijaiyah
pada anak usia 5-6 tahun seringkali sulit karena anak masih dalam tahap belajar
membaca. Selain itu, anak usia ini memiliki tingkat perhatian yang terbatas,
sehingga media pembelajaran yang tepat diperlukan untuk membantu mereka
belajar dengan lebih efektif. Media quantum Hijaiyah card adalah salah satu
media pembelajaran huruf Hijaiyah yang inovatif. Media ini menggunakan kartu�kartu dengan gambar dan tulisan huruf Hijaiyah yang menarik perhatian anak
membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan
penelitian untuk menguji efektivitas media quantum Hijaiyah card dalam
meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian
sebanyak 16 anak TKIT Permata Bunda Bawen Kabupaten Semarang Tahun
Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat
ditarik kesimpulan bahwa melalui penggunaan media Quantum Hijaiyah Card
dapat meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah
anak kelompok usia 5-6 tahun di TKIT Permata Bunda Bawen Kabupaten
Semarang tahun pelajaran 2022/2023 dengan indikator pencapaiannya sebagai
berikut : kondisi awal sebelum menggunakan media Quantum Hijaiyah Card
kemampuan membaca huruf hijaiyah anak masih rendah hanya sebesar 13% pada
kritera BSH. Pada siklus I kemampuan bahasa anak meningkat menjadi 25% pada
kriteria BSB. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan
media yang sama yaitu dengan Quantum Hijaiyah Card dapat meningkatkan
kemampuan membaca huruf hijaiyah anak meningkat menjadi 75% pada ktiteria
BSB dan sudah mencapai indicator keberhasilan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:59 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1829 |