PENGARUH E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI LITERASI MEMBACA SISWA KELAS III SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG

KAROMAH, TIARA DWI (2023) PENGARUH E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI LITERASI MEMBACA SISWA KELAS III SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TIARA DWI KAROMAH 19120305.pdf] Text
TIARA DWI KAROMAH 19120305.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya antusias
siswa dalam mengikuti pembelajaran literasi. Hal tersebut dilakukan karena
kurangnya inovasi dalam pengajaran literasi membaca siswa yang selama ini
hanya menggunakan media buku cetak. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah apakah media baca e-book dapat meningkatkan persepsi literasi membaca
siswa kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-book dalam
meningkatkan persepsi literasi membaca siswa kelas III SDN Gayamsari 02
Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Eksperimental dengan desain Pre-angket Post-angket Control-Group Design.
Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III SDN Gayamsari 02 Semarang.
Sampel yang diambil adalah siswa kelas III A sebagai kelompok eksperimen dan
siswa kelas III B sebagai kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test.
Hasil analisis pre-angket dan post-angket literasi membaca siswa
kelompok eksperimen mengalami perubahan pada kategori sangat tinggi yang
dapat dilihat dari prosentase yaitu kategori rendah dari 4% menjadi 0%, kategori
sedang dari 12% menjadi 4%, kategori tinggi dari 60% menjadi 44%, dan kategori
sangat tinggi dari 24% menjadi 52%. Sedangkan, hasil analisis pre-angket post
angket literasi membaca siswa kelompok kontrol tidak mengalami perubahan
pada kategori sangat tinggi yang dapat dilihat dari prosentase yaitu kategori
rendah dari 11% menjadi 11%, kategori sedang dari 50% menjadi 46%, kategori
tinggi dari 32% menjadi 36%, dan kategori sangat tinggi dari 7% menjadi 7%.
Berdasarkan hasil uji-t pre-angket dan post-angket kelompok eksperimen sebesar
.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dan
sesudah perlakuan terhadap literasi siswa. Sedangkan hasil uji-t pre-angket dan
post-angket kelompok kontrol sebesar .424 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan
bahwa tidak ada perbedaan hasil pretest dan posttest siswa pada kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disimpulkan bahwa
supaya media baca berupa e-book dapat menjadi salah satu inovasi yang tepat
dalam meningkatkan persepsi literasi membaca siswa di era digital ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:41
Last Modified: 24 Jan 2024 03:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item
View Item