PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

RAMADHANI, NOVITA DEVI (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NOVITA DEVI RAMADHANI 19120231.pdf] Text
NOVITA DEVI RAMADHANI 19120231.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NOVITA DEVI RAMADHANI, NPM 19120231. “Pengembangan Multimedia
Interaktif Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Aspek kognitif Pada Materi Bangun
Ruang Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr.
Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. dan Pembibing II Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ada siswa
yang belum bisa memahami penyampaian materi pembelajaran, khususnya dalam
materi bangun ruang. Hal tersebut dikarenakan penyampaian materi dari guru
yang masih monoton dan pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran
yang menarik. Siswa membutuhkan pembelajaran yang interaktif sehingga
kegiatan beajar mengajar tidak menjadi hal yang membosankan.
Penelitian ini bertujuan untuk. (1) untuk mengetahui ketersediaan
multimedia interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan aspek kognitif pada
mater bangun ruang kelas V sekolah dasar; (2) untuk mengetahui langkah
pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan aspek
kognitif pada mater bangun ruang kelas V sekolah dasar; (3) untuk hasil uji coba
pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan aspek
kognitif pada mater bangun ruang kelas V sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and
development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji
kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan multimedia interaktif
berbasis PBL materi bangun ruang ini hanya sampai pada tahap uji coba lapangan.
Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SD Negeri Banyuurip, hasil dari
pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan aspek
kognitif pada materi bangun ruang kelas V sekolah dasar sudah sangat layak
digunakan guru untuk proses pembelajaran, tidak terdapat adanya revisi dari
penilaian guru terhadap media dari hasil angket penilaian dan tanggapan guru
dengan menggunakan checklist.
Hasil validasi ahli materi memperoleh valditas 98% dan hasil validasi ahli
media memperoleh validitas 100%. Media pembelajaran interaktif berbasis PBL
juga dinyatakan praktis dengan dibuktikan dengan hasil respon guru sebesar
91,66% dan hasil respon siswa sebesar 100%. Tingkat keefektifan media terhadap
hasil belajar peserta didik kelas V menunjukkan adanya peningkatan pada hasil
post-test yang telah diuji menggunakan pengujian T-test. Berdasarkan hasil pre�test memperoleh nilai sebesar 62,08 dan nilai rata-rata post-test 84,58. Hal ini
dapat disimpulkan media yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar
dan termasuk dalam kategori “sangat baik” dan “sangat layak” untuk dapat
digunakan dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang dapat
disampaikan adalah media pembelajaran interaktif berbasis PBL materi bangun
ruang dapat digunakan guru dan siswa sebagai salah satu media pembelajaran
disekolah dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut. Hal ini bertujuan untuk
menghasilkan media yang lebih berkualitas dan interkatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:43
Last Modified: 24 Jan 2024 03:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item
View Item