PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PEREDARAN DARAH KELAS V SD NEGERI 1 JUWANGI

ISMIYANA, NOVIDA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PEREDARAN DARAH KELAS V SD NEGERI 1 JUWANGI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NOVIDA ISMIYANA 19120140.pdf] Text
NOVIDA ISMIYANA 19120140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

NOVIDA ISMIYANA. NPM 19120140. “ Pengaruh Model Problem Based
Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
Materi Peredaran Darah Kelas V SD Negeri 1 Juwangi”. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas IImu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut
disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran dimana guru masih mengalami
kendala dalam penggunaan model pembelajaran, masih banyaknya siswa yang
pasif saat pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA, dan belum
digunakannya model pembelajaran oleh guru saat mengajar, yang berdampak
pada tingkat pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPA masih rendah dan
hasil belajarnya pun kurang maksimal.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model
problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata
pelajaran IPA materi peredaran darah? Tujuan penelitian yang hendak dicapai
adalah mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan
berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi peredaran darah kelas V SD
Negeri 1 Juwangi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre�experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Juwangi. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini berjumlah 29 dengan Teknik sampling jenuh. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh rata-rata pretest yaitu 61,37 dan
rata-rata posttest yaitu 84, 96. Pada saat pretest terdapat 17 siswa yang tuntas dan
12 siswa yang belum tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 58%. Setelah
dilakukan posttest terdapat 29 siswa yang tuntas dan 0 siswa yang belum tuntas
dengan ketuntasan klasikal 100%. Hal hal ini dibuktikan dengan hasil uji
hipotesis melalui uji paired sampel t-test bahwa nilai Sig. < 0,05 maka
diterima dan ditolak pada taraf signifikan dengan nilai signifikan
0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh model problem based learning terhadap
kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi peredaran darah
kelas V SD Negeri 1 Juwangi.
Saran yang dapat disampikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah model
problem based learning dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran
bagi guru dalam mengajar sehingga pembahaman siswa terhadap pembelajaran
membaik dan kemampuan berfikir kritisnya meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:35
Last Modified: 24 Jan 2024 03:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1815

Actions (login required)

View Item
View Item