ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ BERBANTU GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI 1 PENYANGKRINGAN

NABILLA, NOVIANA (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ BERBANTU GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI 1 PENYANGKRINGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NOVIANA NABILLA 19120178.pdf] Text
NOVIANA NABILLA 19120178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

NOVIANA NABILLA. NPM 19120178. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Quiz Berbantu Gambar dalam
Pembelajaran IPS Kelas VB SD Negeri 1 Penyangkringan”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2023.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah siswa masih
cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa belum mampu berpikir kritis
terhadap permasalahan yang ada, siswa kurang tertarik dan merasa bosan ketika
mengikuti kegiatan pembelajaran. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah
bagaimana analisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran
team quiz berbantu gambar dalam pembelajaran IPS kelas VB SD Negeri 1
Penyangkringan?. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui model
pembelajaran team quiz berbantu gambar dalam pembelajaran IPS kelas VB SD
Negeri 1 Penyangkringan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan
data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis
dengan mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model
pembelajaran team quiz berbantu gambar dalam pembelajaran IPS kelas VB yang
penulis peroleh melalui data wawancara kepala sekolah, guru kelas, siswa kelas
VB serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa
melalui model pembelajaran team quiz berbantu gambar dalam pembelajaran IPS
kelas VB SD negeri 1 Penyangkringan dapat dilihat dari siswa mampu
menentukan fokus permasalahan untuk dapat disusun menjadi sebuah pertanyaan.
Selain itu, siswa mampu menganalisis argumen dan siswa mampu mengambil
keputusan terhadap permasalahan yang ada tanpa membiarkan ketidaksepakatan
yang menganggu pikiran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
diharapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas guru dapat memanfaatkan
model pembelajaran interaktif dan inovatif. Penggunaan model pembelajaran
yang tepat tentunya akan membuat kegiatan pembelajaran berlangsung dengan
baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:21
Last Modified: 24 Jan 2024 03:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item
View Item