UPAYA GURU PPKN MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BATANG

Nurdayati, Tamiya (2023) UPAYA GURU PPKN MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TAMIYA NURDAYATI 19210020.pdf] Text
TAMIYA NURDAYATI 19210020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Pasal 1 Kegiatan
intrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan pada saat jam efektif, kegiatan
ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran sekolah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru PPKn meningkatkan
pendidikan karakter peduli sosial siswa melalui ekstrakurikuler Palang Merah
Remaja di Madrasah Aliyah Negeri Batang.
Jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang dijadikan sebagai sumber informasi
yaitu pengurus PMR, guru PPKn dan siswa. Fokus dalam penelitin ini adalah
Upaya Guru PPKn Meningkatkan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Siswa
Melalui Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di Madrasah Aliyah Negeri
Batang. Indikator pada penelitian ini yaitu strategi guru PPKn dalam
meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial melalui ekstrakurikuler PMR di
man batang, program yang di gunakan oleh guru PPKn dalam meningkatkan
pendidikan karakter peduli sosial siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler palang
merah remaja, upaya yang dilakukan guru PPKn sebagai pendidik sekaligus
motivator dalam meningkatkan peduli sosial siswa melalui ekstrakurikuler palang
merah remaja, hambatan dan solusi guru PPKn meningkatkan pendidikan karakter
peduli sosial siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan
kesimpulan.
Hasil penelitian terkait upaya guru PPKn meningkatkan pendidikan
karakter peduli sosial siswa melalui ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di
Madrasah Aliyah Negeri Batang menunjukan bahwa Strategi guru PPKn yang
menjadikan contoh yang baik bagi siswa dalam meningkatkan pendidikan
karakter peduli sosial melalui ekstrakurikuler Palang Merah Remaja. Hambatan
dan solusi guru PPKn meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial siswa
melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja, tujuan untuk melatih
siswa agar memiliki wawasan yang luas. Kegiatan sosial seperti PP (Pertolongan
Pertama), PRS (Pendidikan Remaja Sebaya), RSPS (Remaja Sehat Peduli
Sesama), Doras (Donor Darah Sukarela), dan ASB (Ayo Siaga Bencana).
Kata Kunci: Upaya guru PPKn, meningkatkan, pedidikan karakter, peduli
sosial siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:15
Last Modified: 24 Jan 2024 03:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item
View Item