SARI, NOVIA PURNAMA (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MESEM CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI NGENING 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NOVIA PURNAMA SARI 16120019.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
NOVIA PURNAMA SARI. NPM 16120019 “Pengaruh Model Project Based
Learning Berbantu Media Mesem Cycle Terhadap Hasil Belajar Tema Cita�Citaku Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Ngening 01”. Skripsi. Program
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta
didik kelas IV SD Negeri Ngening 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati.
Hal tersebut disebabkan karena rendahnya perhatian peserta didik ketika
menjelaskan, peserta didik kesulitan mempelajari materi yang terlalu dangkal.
Sehingga peran serta peserta didik dalam pembelajaran kurang optimal. Oleh
karena itu diperlukan strategi strategi belajar untuk mempermudah peserta
didik dalam memahami materi yang berkaitan dengan lingkungan disekitar
dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran project based learning berbantu media Mesem cycle, sehingga
peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran, dan membuat
suasana merasa nyaman, senang dan lebih tertarik mengikuti proses
pembelajaran yang dilaksanakan sehingga tujuan pembelajaran tercapai
dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh
model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar pada peserta
didik kelas IV di SD Negeri Ngening 01 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati
dengan menggunakan model project based learning. Tujuan penelitian yang
ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning
berbantu media Mesem cycle terhadap hasil belajar IPA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One
Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SD Negeri Ngening 01 tahun pelajaran 2021/ 2022. Sampel yang
diambil adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ngening 01 yang berjumlah
27 orang dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa adanya
pengaruh model project based learning berbantu media Mesem cycle. Dari
hasil uji regresi diperoleh pengaruh model project based learning terhadap
hasil belajar peserta didik sebesar 64%. Dapat disimpulkan ada pengaruh
model project based learning tema cita-citaku terhadap hasil belajar siswa
kelas IV SD Negeri Ngening 01 Kecamatan Batangan Kabupaten PatiTahun
Pelajaran 2021/2022.
Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan dengan model
project based learning berbantu media Mesem cycle dapat mendorong guru
dalam menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif serta
mampu mendorong peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:14 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1809 |