KURNIATI, NOVI (2023) ANALISIS DAMPAK VERBAL BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NOVI KURNIATI 16120089.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kurniati, Novi. NPM. 16120089. “Analisis Dampak Verbal Bullying Pada Anak
Usia Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr.
Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II, Intan Rahmawati, S.Pd.,
M.Pd. Desember 2022. 160 Halaman.
Pendidikan merupakan proses, cara atau perbuatan mendidik. Pendidikan
bertujuan mengubah tata laku atau sikap seseorang dengan jalan membentuk sikap
atau perilaku orang tersebut. Perilaku akan membentuk kepribadian seseorang.
Kepribadian berkaitan dengan pola penerimaan sosial. Kondisi damai menjadi
kebutuhan setiap sekolah dalam melaksanakan pembelajaran yang optimal.
Namun pada kenyataannya terjadi beberapa kasus yang menyebabkan sebuah
sekolah tidak lagi damai bagi para peserta didiknya, salah satu penyebabnya
adalah terjadinya intimidasi atau bullying.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan guru
tentang verbal bullying, mengidentifikasi berbagai bentuk verbal bullying dan
perilaku yang ditunjukkan pelaku, korban dan penonton verbal bullying yang
terjadi di SD Negeri Pulosari 01 Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil temuan
penelitian ini menunjukkan bahwa Verbal bullying adalah ketika seseorang
menggunakan bahasa lisan yang agresif yang dilakukan dengan maksud
merendahkan, memfitnah, dan mempermalukan. Bullying pada siswa itu ketika
jam pelajaran kosong, jam istirahat, ataupun saat jam pulang sekolah. Korban dan
pelaku dapat menderita efek negatif dari verbal bullying. Dampak pada korban
yaitu 1) Masalah Psikologis; 2) Gangguan Tidur; 3) Tidak dapat bersosialisasi; 4)
penurunan hasil belajar. Sedangkan dampak pada pelaku adalah mendapat
hukuman. Beberapa hal yang perlu siswa lakukan ketika melihat tindakan verbal
bullying yaitu 1) Jangan ikut mengintimidasi; 2) Laporkan kepada orang dewasa;
3) Tegur pelaku bullying; dan 4) Temani korban.
Saran dalam penelitian ini yaitu kerja sama antara pihak sekolah dan orang
tua siswa dalam mengoptimalkan pencegahan adanya perilaku verbal bullying.
Orang tua dapat menyampaikan bullying yang dialami, dan sekolah membuka
kesempatan untuk berdiskusi mencari solusi yang terbaik.
Kata Kunci: Anak Sekolah Dasar; Dampak; Verbal Bullying.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:12 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1808 |