PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERBASIS OUTBOUND DALAM DIMENSI KREATIF PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

PUSPITASARI, NOVA INDAH (2023) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERBASIS OUTBOUND DALAM DIMENSI KREATIF PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NOVA INDAH PUSPITASARI 19120354.pdf] Text
NOVA INDAH PUSPITASARI 19120354.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

NOVA INDAH PUSPITASARI, NPM 19120354. “Pengembangan Model
Permainan Berbasis Outbound Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah Permasalahan yang
pertama yaitu Permasalahan pertama yaitu siswa sering merasa bosan saat proses
pembelajaran, Permasalahan kedua yaitu belum adanya inovasi dan referensi bagi
guru mengenai penanaman karakter kreatif pada siswa. Upaya untuk memecahkan
permasalahan tersebut adalah Pengembangan Model Permainan Berbasis
Outbound dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah
pengembangan model permainan berbasis outbound dalam dimensi kreatif profil
pelajar pancasila kelas 4 Sekolah Dasar? 2). Bagaimanakah kevalidan dan
kelayakan pengembangan model permainan berbasis outbound dalam dimensi
kreatif profil pelajar pancasila kelas 4 Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangtengah 01, Kecamatan
Subah Kabupaten Batang. Jenis penelitian pengembangan (R&D) menurut
sugiyono Pengembangan disebut sebagai penelitian dan pengembangan (R&D).
Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil rata-rata penilaian yang
diperoleh dari ahli model yaitu 85% dengan kategori “Layak”. Dan hasil rata-rata
yang diperoleh dari ahli materi yaitu 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil
angket dari tanggapan guru memperoleh 99% dengan kategori “Sangat Layak”.
Hasil dari respon siswa mendapat 95% dengan kategori „Sangat Layak”. Dan
lembar observasi memperoleh 86% dengan kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:10
Last Modified: 24 Jan 2024 03:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item
View Item