ANALISIS FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN DALAM PENERAPAN PROKES UNTUK MENGHINDARI COVID-19 MELALUI PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT) TERHADAP SISWA KELAS III SDN KARANGASEM MRANGGEN

YANTI, NORMA (2023) ANALISIS FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN DALAM PENERAPAN PROKES UNTUK MENGHINDARI COVID-19 MELALUI PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT) TERHADAP SISWA KELAS III SDN KARANGASEM MRANGGEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NORMA YANTI 19120215.pdf] Text
NORMA YANTI 19120215.pdf

Download (4MB)

Abstract

NORMA YANTI. NPM 19120215. ―Analisis Film Animasi Upin dan Ipin Dalam
Penerapan Prokes Untuk Menghindari Covid-19 Melalui PHBS (Perilaku Hidup
Bersih dan Sehat) Terhadap Siswa Kelas III SDN Karangasem‖. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penerapan prokes
PHBS untuk menghindari penularan Covid-19 anak-anak di SDN Karangasem
belum maksimal. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman anak mengenai
pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana analisis film
animasi upin dan ipin episode 16 ―Guna Masker Betul-Betul‖ dalam penerapan
prokes untuk menghindari covid-19 melalui PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan
Sehar) siswa kelas III SDN Karangasem Mranggen?, 2) Bagaimana penerapan
prokes untuk menghindari covid-19 melalui PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan
Sehat) siswa kelas III SDN Karangasem Mranggen?. Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah 1) Menganalisis film animasi upin dan ipin episode 16
―Guna Masker Betul-Betul‖ dalam penerapan prokes untuk menghindari covid-19
melalui PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) siswa kelas III SDN
Karangasem Mranggen 2) Penerapan prokes untuk menghindari covid-19 melalui
PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) siswa kelas III SDN Karangasem
Mranggen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas III SDN Karangasem Mranggen tahun pelajaran 2022/2023.
Sampel yang diambil adalah 3 siswa dan 3 walimurid dari siswa tersebut untuk
dilakukan wawancara. Untuk pengambilan sampel ini dipilih dengan kategori
siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil analisis film animasi upin dan ipin ini menggunakan cerita yang
terjadi dalam kehidupan siswa sehari-hari terutama mengenai situasi pandemi
covid-19 yang sedang terjadi, serta berdasarkan hasil wawancara menunjukkan
bahwa video animasi ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran terutama
mengenai perilaku hidup bersih dan sehat. Selain itu video animasi juga
memudahkan anak untuk memahami dan meniru pesan-pesan yang disampaikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru
dapat mengimplementasikan film animasi upin dan ipin sebagai media
pembelajaran serta dapat dijadikan motivasi bagi siswa karena didalamnya banyak
terdapat nilai-nilai dan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah film
animasi Upin dan Ipin dapat dijadikan media pembelajaran serta motivasi bagi
anak sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:06
Last Modified: 24 Jan 2024 03:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item
View Item