UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK A TK PGRI 117 SEMARANG TAHUN PELAJARAN

MALICHAH, NOOR (2023) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK A TK PGRI 117 SEMARANG TAHUN PELAJARAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NOOR MALICHAH 20156003.pdf] Text
NOOR MALICHAH 20156003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

NOOR MALICHAH NPM 20156003 “Upaya Meningkatkan Perkembangan
Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Peran di Kelompok A TK PGRI 117
Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023” skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang 2023
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pada umumnya anak
usia dini kurang mengoptimalkan perasaan dan sosialnya, mereka lebih cenderung
diam dan tertutup. Kenyataan dilapangan ketika anak melakukan pembelajaran
tidak banyak yang memperlihatkan reaksi apapun baik itu senang, sedih, malu
ataupun antusiasme, mereka lebih cenderung diam dan hanya nurut perintah guru.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) kontrol emosi anak sangat rendah, 2)
tingkat kesadaran diri untuk bersosial pada anak sangat minim, 3) metode yang
diberikan ke anak monoton dan terbatas, 4) antusiasme anak dalam melakukan
kegiatan pembelajaran rendah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak usia 4-5
tahun pada kelompok A TK PGRI 117 Semarang tahun ajaran 2022/2023 melalui
metode bermain peran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian
ini sebanyak 23 anak kelompok A di TK PGRI 117 Semarang tahun ajaran
2022/2023. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh
hasil peningkatan perkembangan aspek sosial emosional anak. Pada siklus I
perkembangan sosial emosional anak meningkat mencapai prosentase 25% yaitu 5
anak yang berkembang sangat baik dan 8 anak yang berkembang sesuai harapan.
pada siklus II perkembangan sosial emosional anak meningkat mencapai 80%
yaitu 18 anak yang berkembang sangat baik dan 3 anak yang berkembang sesuai
harapan. Perkembangan sosial emosional anak mengalami peningkatan yang
signifikan indikator pencapaian kinerja tercapai dengan optimal. Kesimpulannya
bahwa dengan metode bermain peran dapat mengembangkan dan
mengoptimalkan kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Anak
memperoleh sosial emosional dari lingkungan keluarga, masyarakat dan teman
sekitar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah dalam
mengembangkan kemampuan anak khususnya aspek sosial emosional dapat
menggunakan metode yang berfariatif salah satunya adalah bermain peran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:04
Last Modified: 24 Jan 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item
View Item