PENERAPAN MEDIA BUKU PINTAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUB TEMA 1 DI SD NEGERI 4 KLAMBU

ALFINA, SYALMA (2023) PENERAPAN MEDIA BUKU PINTAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUB TEMA 1 DI SD NEGERI 4 KLAMBU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SYALMA ALFINA 18120138.pdf] Text
SYALMA ALFINA 18120138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya
variasi dalam proses pembelajaran siswa kelas IV. Hal tersebut disebabkan
oleh pembelajaran yang digunakan kurang dalam penggunaan media
dalam pembelajaran sehingga kurang optimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Bagaimana
penerapan Media Buku Pintar Dalam Meningkatkan hasil Belajar Peserta
Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Tema 3 Sub Tema 1 di SD Negeri 4
Klambu”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
Pernerapan Media Buku Pintar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Tema 3 Sub Tema 1 di SD Negeri 4
Klambu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis
metode penelitian eksperimen dan menggunakan rancangan desain One
Group Pretest-Posttest. Populasi yang digunakan adalah seluruh sampel
kelas IV tahun ajaran 2022/2023. Teknik yang digunakan dalam
pengambilan data berdasarkan hasil belajar peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian yang meliputi rumusan masalah,
hipotesis, analisis data, dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa
terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan Media Buku
Pintar. Selain itu, juga dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam
proses pembelajaran, sehingga meningkatkan hasil belajar dalam
pemahaman materi. Hal ini dapat dilihat dalam hasil pretes yaitu rata-rata
peserta didik mendapatkan hasil nilai 44, sedangkan pada hasil posttest
mendapatkan rata-rata hasil nilai 67, hal ini menunjukkan peningkatan
dalam hasil pembelajaran peserta didik dalam penggunaan media.
Saran yang dapat disampaikan adalah penggunaan media sangat
berpengaruh dalam proses pembelajaran, sehingga diharapkan guru dapat
lebih berinovasi dan kreatuf dalam proses pembelajaran untuk
meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:00
Last Modified: 24 Jan 2024 03:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item
View Item