IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 43 SEMARANG

ASTUTI, NOFITA FIFIN (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 43 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NOFITA FIFIN ASTUTI 19210038.pdf] Text
NOFITA FIFIN ASTUTI 19210038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air
dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VII SMP N 43
Semarang”. Dilatarbelakangi oleh dengan arus perkembangan global yang
pesat menyebabkan karakter pada anak yang belum optimal trutama di
lingkungan sekolah yaitu karakter cinta tanah air dalam Pembelajaran
Pendidikan Pancasila. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini
adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam
pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas VII SMP N 43 Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenatahui bagaimana implementasi
pendidikan karakter cinta tanah air dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila
siswa kelas VII SMP N 43 Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian
di SMP N 43 Semarang. Informan penelitian adalah Waka Kesiswaan I dan II,
Guru Pendidikan Pancasila dan siswa. Fokus penelitian adalah “Implementasi
Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dalam Pembelajaran Pendidikan
Pancasila Siswa Kelas VII SMP N 43 Semarang” dengan sub fokus sebagai
berikut : 1) Strategi implemetasi pendidikan karakter cinta tanah air. 2)
Penerapan pendidikan karakter cinta tanah air. 3) sarana dan prasarana pada
pengimplementasian pendidikan karakter cinta tanah air. 4) penanaman sikap
rela berkorban dan patriotism untuk mengimplementasikan pendidikan
karakter cinta tanah air. 5) melestarikan budaya pada pengimplementasian
pendidikan karakter cinta tanah air. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan
verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi yang digunakan dalam
pengimplementasian pendidikan karakter cinta tanah air yaitu dengan
menggunakan media dan metode pembelajaran di SMP N 43 Semarang, serta
melalui pembiasaan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun). 2) melalui
penerapannya sendiri ada dua penerapan melalui pembelajaran Pendidikan
Pancasila dan di luar pembelajaran. 3) sarana dan prasarana, guru
menggunakan sarana pembelajaran yang ada di sekolah (LCD, komputer, buku
paket, dan papan tulis). Sarprasnya sendiri sudah memadai seperti ruang kelas
yang memadai, perpustakaan, dan lapangan upacara. 4) penanaman sikap rela
berkorban dan patriotisme, guru memerikan contoh kepada murid untuk
menanamkan karakter cinta tanah air dengan gotong royong, cinta lingkungan,
upacara bendera. 5) melestarikan budaya dengan ini, melalui pembiasaan di
SMP N 43 Semarangsetiap hari jumat dan melalui ekstrakulikuler (Pramuka,
Band, Karawitan, PMR, dan Paskibra)
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Cinta Tanah Air, Pembelajaran
Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:59
Last Modified: 24 Jan 2024 02:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item
View Item