HUTAMI, NISA ERWINDA (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 DI SD NEGERI TANDANG 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NISA ERWINDA HUTAMI 18120005.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
NISA ERWINDA HUTAMI. NPM 18120005. “Pengaruh Model Project Based
Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 6
Subtema 1 Di SD Negeri Tandang 01 Semarang”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Ari
Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Fine Reffiane, S.Pd.,
M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurang aktifnya
siswa dan hasil belajar siswa rendah. Hal menjadi salah satu faktor yang
mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa kurang maksimal dan perlu adanya
perlakuan guna meningkatkan hasil belajar sehingga dengan adanya inovasi dalam
pembelajaran tersebut dapat menarik minat belajar siswa untuk aktif dalam proses
pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
project based learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
tema 6 subtema 1 kelas V SD Negeri Tandang 01 Semarang? Tujuan yang dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6
subtema 1 kelas V SD Negeri Tandang 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan
Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Tandang 01 Semarang.
Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V SD Negeri Tandang 01 Semarang
yang terdiri dari 28 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah
mengggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada analisis
awal adalah uji normalitas. Analisis akhir menggunakan uji normalitas, uji
hipotesis, dan uji ketuntasan belajar individu.
Rata-rata hasil belajar siswa yang menunjukkan pembelajaran tanpa
menggunakan model pembelajaran project based learning (pretest) sebanyak
62,7%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (posttest)
dengan menggunakan model pembelajaran project based learning sebanyak
65,9%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan diperoleh thitung = -2,022
selanjutnya dibandingkan dengan ttabel = dengan df = 27-1 pada taraf
signifikan α = 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung < ttabel yaitu <
maka H0 ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan bahwa model
pembelajaran project based learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada tema 6 subtema 1 kelas V SD Negeri Tandang 01 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan guru
dapat menggunakan model pembelajaran project based learning digunakan dalam
kegiatan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 02:54 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 02:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1796 |